Tiga Cara Buat Hidup Lebih Bahagia

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Selasa, 05/01/2016 06:48 WIB
Tiga Cara Buat Hidup Lebih Bahagia Ilustrasi kebahagiaan. (Thinkstock/blyjak)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada banyak cara untuk bahagia. Banyak orang mencari kebahagiaan dengan mengikuti kelas yoga, menyantap makanan kesukaan, hingga berjuang mendapatkan pendamping hati.

Namun, ternyata untuk menjadi benar-benar bahagia dalam arti sebenarnya, ketimbang harus mengubah hidup untuk bahagia 100 persen, Anda hanya membutuhkan 20 persen kebahagiaan tersebut. Beberapa cara dapat dilakukan untuk membawa kebahagiaan dalam hidup, tiga di antaranya adalah:

1. Bersyukur dengan jujur


Bila berkaca kepada orang-orang yang tidak bahagia, mereka kerap kali hanya melihat keuntungan yang didapatkan oleh orang lain. Mereka jarang sekali melihat keberuntungan yang didapatnya sendiri.

Jika Anda ingin bahagia, disarankan untuk lebih bersyukur dengan yang telah dimiliki. Dengan bersyukur, berarti Anda telah dilahirkan beserta kelebihan tertentu dibandingkan orang lain. Namun yang tak dapat dilupakan adalah, setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangan dalam hidupnya.

2. Miliki ambisi sendiri

Kadangkala, masyarakat memiliki definisi dan hubungan yang aneh dengan ambisi. Masyarakat menuntut seseorang untuk menjadi sesuatu, atau memiliki sesuatu, dan mengaturnya secara berlebihan.

Ada beberapa saran dari lingkungan tersebut yang patut untuk didengar dan menjadi bagian dalam ambisi pribadi, namun penting bagi Anda untuk memiliki ambisi yang datang dari diri sendiri. Salah satu caranya adalah, jujur terhadap diri sendiri tentang capaian yang ingin diraih dalam hidup.

Berbagai pertanyaan dapat membantu untuk menemukan tujuan dari hidup Anda sendiri, seperti tingkatan prestasi apa yang benar-benar diinginkan? Bukan pada apa yang diinginkan, atau uang sebanyak apa yang ingin disimpan, tetapi apa yang benar-benar membakar semangat dalam diri Anda sendiri.

Beberapa orang memiliki ambisi yang cenderung biasa-biasa saja, dan itu bukan sebuah masalah. Namun ada juga yang memiliki tingkat ambisi yang tinggi. Untuk orang dengan karakter seperti ini, pastikan membuat rencara konkret dari apa yang diinginkan. Cara ini dapat membuat lebih bahagia.

3. Tetap berada saat ini

Orang yang tidak bahagia selalu berandai-andai dalam hidupnya. Mereka menggunakan kata 'seandainya' dalam setiap keinginan. 'Seandainya memiliki rumah yang lebih besar', 'Seandainya punya kekasih yang lebih perhatian', dan sebagainya.

Bila permainan 'seandainya' tersebut telah terjadi selama bertahun-tahun, itu hanya akan membuat keinginan semakin jauh tak terjangkau. Kebahagiaan itu ditemukan di saat ini, di waktu sekarang.

Hidup hanya sekali, gunakan trik ini setiap hari dengan rasa bersyukur. Jujur dengan diri sendiri, dan tetap hadir di setiap momen yang terjadi. Mungkin hidup tidak akan menjadi sesempurna bak negeri dongeng, tetapi setidaknya teknik ini membuat Anda 20 persen lebih bahagia. (les)