Di Balik Harga Super Mahal Tiket Pekan Mode New York

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Sabtu, 13/02/2016 12:25 WIB
Di Balik Harga Super Mahal Tiket Pekan Mode New York ilustrasi New York Fashion Week. (Frazer Harrison/Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu impian pecinta fesyen adalah bisa menyaksikan langsung gemerlapnya pekan mode dunia, terutama New York. Parade model cantik dalam balutan busana terbaru karya desainer busana kelas atas pasti terlihat lebih indah saat terlihat di depan mata langsung.

New York Fashion Week (NYFW) yang akan berlangsung dalam waktu dekat ini jadi salah satu magnet penarik 'wisatawan modis' untuk terbang ke Amerika Serikat.

Namun beberapa merek busana terkenal seperti Tom Ford, Burberry dan lainnya kemungkinan besar mengubah waktu show mereka di musim gugur. Selain itu Council of Fashion Designers of America mempertimbangkan untuk mengubah NYFW menjadi sebuah ajang untuk para konsumen berbelanja dan merasakan hal lain saat pekan mode berlangsung.


Permintaan tiket untuk menyaksikan pekan mode New York ini sudah melahirkan pihak-pihak baru penjual tiket acara secara online.

Hanya saja agen tiket, perencana acara dan calo tiket ternyata sudah menawarkan akses khusus kepada pembeli untuk bisa masuk ke dalam acara, tur belakang panggung bahkan bisa bertemu dengan desainernya. Sudah pasti, harga tiketnya akan sangat mahal. Harga yang selangit ini pun bukan masalah untuk mereka, demi bisa menyapa desainer top dan bertemu banyak selebriti di bangku baris depan.

Beberapa agen tiket yang menjual tiket pertunjukan NYFW antara lain Millionaire’s Concierge, Queen Bee, TicketSupply, New York Fashion Week dan Total Management. Total Management bahkan menjual tiket NYFW bersama dengan program getawaynya termasuk akomodasi di Baccarat Hotel, menghadiri satu dari show paling 'panas' di catwalk (namun tak disebutkan dengan detail), sekaligus juga dengan VIP shopping trip bersama ahli fesyen. Paket ini dijual seharga US$5500 (Rp74 juta) untuk dua orang.

"Untuk bisa mendapat akses backstage adalah dengan bekerjasama langsung dengan mereka," kata perwakilan dari Total Management, dikutip dari WWD.

"Kami membuat banyak acara atau menjalin kerjasama untuk film, fesyen dan olahraga. Perwakilan mereka datang kepada kami dan berkata, 'Biarkan kami bekerjasama dengan Anda.'"

Dia juga menambahkan bahwa mereka bekerjasama langsung dengan IMG, perusahaan penyedia foto. "Mereka juga bekerjasama dengan kami sehingga kami bisa memberikan penawaran pada klien sehingga foto-fotonya bisa tampil di IMG. Klien melihat jadwal dan memberitahu bahwa 2-3 desainer tertarik. Saya menghubungi IMG dan melihat kecocokan jadwalnya," terang dia. 

IMG tak memungkiri kalau mereka bekerjasama dengan beberapa firma untuk menawarkan tiket show. Namun mereka tak menjualnya. "IMG tak menjual tiket acara NYFW. Penjualan tiket oleh pihak ke-tiga itu dilarang. Dalam beberapa kasus, kami bekerja dengan perusahaan eksternal dan partner kami menciptakan pengalaman selama NYFW yang mungkin mencakup akses masuk ke acara, itu masih tergantung pada kebijaksanaan tim kami."

Sayangnya, mereka tak mau memberikan nama perusahaan yang bekerjasama dengan desainer NYFW tersebut.

"Kami mendapat tiket ke acara yang bagus," kata perwakilan yang menangani klien pembeli VIP, On Point. "Desainer biasa sekitar US$950 (12,8 juta), sedangkan desainer lain seperti Badgley Mischka dan BCBGMaxAzria seharga US$3500 (47 juta).


Pada On Point mengungkapkan bahwa mereka tak memberitahu klien tentang tiket pada desainer tertentu sampai tiket tersebut benar-benar aman. Kira-kira seminggu sebelum pekan mode mulai. "Dengan show yang sebentar lagi mulai, nasib Anda berada di tangan penjual tiket. Jadi tiket akan lebih mahal. Shownya tidak dibuka untuk umum, ini adalah acara dengan akses khusus, jadi Anda akan membayar harga premium."

Hanya saja dalam acara ini, pengunjung tidak diperbolehkan untuk berkomunikasi dengan desainer. "Sudah pernah ada yang mencoba untuk berkomunikasi dengan desainer dan menjadikan ini sebagai loncatan karier mereka. Ingat, Anda hanya tamu, hanya penonton. Anda tak bisa ke sana dan mencoba untuk mengorek otak desainer dalam industri ini. Tak ada kesempatan untuk berfoto. Anda juga harus menandatangani perjanjian kode etik," kata perwakilan dari On Point.

Beverly Sambrotto, pendiri Your VIP Pass yang biasa mengatur akses ke berbagai acara seperti Rockefeller Center Tree Lighting dan Times Square New Years Eve mengungkapkan ada pihak lain yang  menjual tiket fashion week dengan harga US$3500 untuk beberapa desainer. Harga yang terbilang mahal.

Sambrotto menambahkan bahwa ketika Anda benar-benar butuh tiket untuk klien yang ingin pergi ke pekan mode, terkadang harganya bisa naik karena ada tambahan harga dari perusahaan. Saya berharap kami bisa menghindari mereka. Ini seperti ketika Anda pergi ke Broadway dan membeli tiket dari calo dan meningkatkan harga empat kali."

Bagaimana dengan orang yang ada di luar negeri? Providing Tickets, sebuah agensi tiket di Belanda menyediakan  tiket pekan mode untuk show di New York, London, Milan dan Paris. Mereka menjual tiket ini dengan harga mulai 3500 Euro per orang per satu show. Wouter Haitsma, pemilik Providing Tickets mengungkapkan bahwa pengunjung harus mengisi biodata. Biodata ini akan diberikan kepada merek busana yang ingin didatangi. Mereka harus menunggu persetujuan dari merek tersebut.

Tiap show punya metode tiket yang berbeda

VIP Concierge, salah satu penyedia tiket fashion show, menjual tiket Zac Posen Exclusive VIP Experience pada 15 Februari 2016. Ini sudah termasuk pengalaman belakang panggung dan meet and greet dengan desainer.

"Namun untuk bisa masuk ke dalam acara ini, beda akses," kata sales representative untuk VIP. "Pada beberapa acara, Anda menerima e-tiket yang akan mereka pindai. Beberapa show punya tiket fisik, atau dalam hal tertentu kami akan pegang tiketnya dan mengantar ke hotel. Acara lainnya mungkin punya daftar tamu yang ketat."

Hanya saja, tiket ini ternyata bukan jaminan kalau Anda bakal duduk di barisan depan. "Kami tidak menjamin front row, tapi yang pasti posisi yang bagus. Zac Posen, BCBG, dan Rebecca Minkoff, kami masih punya tempat untuk show mereka. Sedangkan Calvin Klein, itu termasuk yang harganya mahal."

Celine Marinton, vice president of global communications and marketing Zac Posen, mengungkapkan hal ini dilakukan untuk memberikan pengalaman berbeda bagi pelanggan terbaik mereka.

[Gambas:Youtube] (chs/les)