Los Angeles Dianggap Kota Paling Seksi di Instagram

Megiza, CNN Indonesia | Kamis, 25/02/2016 05:35 WIB
Los Angeles Dianggap Kota Paling Seksi di Instagram Di Los Angeles, Instagram dipenuhi foto wanita bertubuh seksi (hammett79/thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Melihat daerah wisata yang unik dan menarik saat ini agaknya tak hanya lagi dapat dilakukan dengan menggunakan tiket pesawat. Kita hanya perlu membuka Instagram untuk menemukan itu semua.

Seperti halnya yang diungkap oleh situs perjalanan Amadeus. Mereka menyebut jumlah 'likes' dalam sebuah foto Instagram sering dijadikan faktor pendukung seseorang untuk menentukan pilihan wisatanya. Lantas, apa yang bisa dipelajari tentang destinasi wisata melalui Instagram?

Menurut perusahaan transportasi bandara Hoppa, banyak hal yang dapat diketahui melalui foto wisata di Instagram. Belum lama ini, Hoppa telah mengeluarkan sebuah laporan yang menunjukkan bagaimana destinasi top dunia dapat dirasakan langsung oleh para pengguna jejaring sosial.


"Tim kami melakukan penelusuran lebih dari 50 ribu foto dalam waktu lebih dari satu bulan untuk mengetahui foto apa saja yang paling banyak mendapatkan like," ujar Head SEO Hoppa, Daniel Boardman, seperti dikutip dari CNN.

Dari sana, ditemukan bahwa foto yang paling banyak di-like adalah foto-foto Los Angeles, Bangkok, London, Taipei dan Miami.

Uniknya, kota-kota kelas dunia seperti New York dan Paris ternyata tak masuk ke dalam lima besar sebagai kota yang disukai.

Boardman mengatakan, objek foto mampu membuat sebuah tempat wisata sangat disukai atau kurang disukai.

"Foto produk fashion selalu mendapat banyak like, seperti sepatu Adidas Yeezy Boost 350 yang didesain oleh Kanye West. Banyak orang yang memotret sepatu dengan pantai sebagai latar belakangnya. Foto seperti itu banyak mendulang like," ujarnya.

Selain itu, foto pemandangan di suatu lokasi dengan warna yang cerah ataupun makanan juga dapat memancing like. Tempat yang sering digunakan untuk memotret hal-hal seperti itu, biasanya menarik pengguna Instagram yang melihat untuk menekan tombol like.


London Kota Obsesi Para Penyuka Selfie

Swafoto atau selfie tentunya bak roti dan mentega bagi para pengguna Instagram. Dalam laporan Amadeus, disebutkan ada sekelompok turis yang bisa disebut sebagai Social Capital Seekers atau para pemburu kota besar.

Biasanya, mereka memilih tempat wisata berdasarkan landmark yang dapat mereka gunakan untuk membuat swafoto.
Ilustrasi. (Rasulovs/Thinkstock)

"Saya agak terkejut bahwa London ternyata tempat terbaik untuk membuat foto selfie. Saya kira tempat lain seperti Los Angeles yang akan terpilih," ujarnya.

Dia menilai, kebanyakan landmark yang juga menjadi ikon London, seperti Big Ben dan Buckingham Palace, membuat kota ini mendapat status kota Selfie.

"Orang-orang yang datang ke London lebih sering mengeluarkan monopod mereka untuk berfoto selfie, daripada sekadar memotret gedung atau bangunan tersebut," kata Boardman.

Selain London, destinasi selfie lainnya adalah Buenos Aires di Argentina dan Mekah di Arab Saudi.
Ilustrasi. (Skeeze/Pixabay)


Hong Kong Pemandangan Khas Kota Besar

Berbeda dari London, Hong Kong lebih banyak diunggah soal pemandangan kota. Sayangnya, pemandangan tata kota tidak begitu menarik perhatian pengguna Instagram.

"Meski foto-foto Hong Kong banyak mendapat like, namun dia tidak berada di deretan atas. Foto-foto pemandangan kota yang cantik dan tempat-tempat menarik, ternyata tidak membuat 'wow' para pengguna Instagram," kata Boardman.

Los Angeles, Tempatnya Pemandangan Seksi

Ilustrasi. (Hammett79/Thinkstock)
Jika ditanya foto apa yang dapat menarik perhatian pengguna Instagram, tentunya adalah gambar-gambar yang seduktif. Banyak foto-foto vulgar yang diunggah ke Instagram berasal dari Los Angeles.

"Dari Los Angeles banyak foto pantai dan bikini, dan juga foto selfie yang menampilkan bagian-bagian tubuh," kata Boardman.

Dia menambahkan, monopod ternyata membantu orang-orang untuk memotret angle-angle tubuh yang menarik, dan mengundang banyak likers di Instagram. 

Phuket, Kota Makanan Menggiurkan

Ilustrasi. (Dok. Babanest at Sri Panwa Resort)
Pengguna Instagram memiliki obsesi dengan foto-foto makanan. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Boardman dan timnya, banyak foto makanan yang diunggah di Instagram berasal dari Phuket, Thailand.

"Kalau Anda melihat kategori makanan di Instagram, kebanyakan foto yang akan Anda temukan berasal dari Asia Tenggara. Negara-negara di sana punya banyak kuliner yang enak dilihat," kata Boardman.


Paris, Tempatnya Merekam Momen Romantis

Kategori lain yang ditemukan dalam riset ini adalah kota yang paling banyak digunakan dalam potret pasangan. Sudah tentu Paris adalah jawabannya.

"Paris terpilih sebagai destinasi romantis pertama di seluruh dunia," ujarnya. Tentunya, berfoto bersama pasangan dengan latar belakang Menara Eiffel menjadi foto yang paling banyak ditemui.
Berfoto dengan pasangan di depan Menara Eiffel, Paris, menjadi foto paling banyak ditemukan di Instagram. (Encrier/Thinkstock)

Berikut destinasi wisata dunia yang paling banyak diunggah di Instagram:

1. New York
2. London
3. Paris
4. Dubai
5. Los Angeles
6. Istanbul
7. Miami
8. Las Vegas
9. Barcelona
10.Moskow

Sedangkan, foto destinasi wisata dunia yang paling banyak mendapat like berada di:
1. Los Angeles
2. Bangkok
3. London
4. Taipei
5. Miami
6. Madrid
7. Paris
8. Seoul
9. New York
10.Roma


(meg/meg)