Satu Dekade Fashion Nation

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Jumat, 01/04/2016 08:39 WIB
Satu Dekade Fashion Nation Model membawakan busana rancangan Zaskia Sungkar dalam peragaan busana Fashion Nation 2015 di Senayan City, Jakarta. (ANTARA FOTO/Teresia May)
Jakarta, CNN Indonesia -- Senayan City masih terus setia menggelar pekan mode akbar Fashion Nation. Tahun ini, pekan mode di pusat perbelanjaan itu menginjak usia 10 tahun. Merayakan keistimewaan tersebut, Senayan City menghadirkan tema ‘Fashion Nation Tenth Edition (FNX), A Decade of Pure Decadence’.

Perhelatan yang akan digelar pada 14-23 April 2016 mendatang itu akan menghadirkan parade desainer berbakat Indonesia dan mancanegara.

"Tahun ini menjadi stepping stone satu dekade Fashion Nation digelar. Tema yang diangkat setiap tahunnya semakin menjelaskan Fashion Nation memberikan sorotan pada dekadensi dalam mode," ujar CEO Senayan City, Veri Y. Setiadi.


Pada malam pembukaan FNX 14 April 2016 nanti, Veri menyampaikan bahwa mereka akan mempertemukan Priyo Oktaviano dari Indonesia dan Frederick Lee dari Singapura dengan rancangan adibusana yang secara khusus ditampilkan untuk panggung FNX.

Kemudian, pergelaran busana akan dilanjutkan dengan hadirnya 10 ikonik desainer Indonesia, yaitu Didi Budiardjo, Tri Handoko, Denny Wirawan, Eddy Betty, Barli Asmara, Ari Seputra, Mel Ahyar, Sapto Djojokatiko, dan Rinaldy A. Yunardi.

Seluruh desainer bukan ‘anak bawang’ di Fashion Nation, bahkan semuanya pernah menjadi bagian dalam pekan mode tersebut, yang sekaligus menyimbolkan 10 tahun perjalanan Senayan City menggelar Fashion Nation.

"Melalui Fashion Nation, setiap tahunnya kami selalu menyeleksi dan memberikan tempat bagi desainer-desainer muda dan berbakat untuk menunjukkan koleksi mereka di panggung Fashion Nation melalui program Runway Hits," tutur Veri dalam acara Preview Fashion Nation Tenth Edition pada Kamis (31/3) di Promenade Atrium, Senayan City, Jakarta.

Tahun ini Runway Hits akan mengangkat tema "The Style Millenials" dan akan menampilkan Danjyo Hiyoji dan Rinda Salmun dari Indonesia, Wonder Anatomie dari Thailand, MAX.TAN dari Singapura, dan Jimmy Wong dari Malaysia.

Mereka akan menampilkan koleksi ready to wear pada acara penutupan Fashion Nation tanggal 23 April 2016 mendatang.

Tidak berhenti sampai di situ, Senayan City juga akan memberikan apresiasi pada insan yang telah menjadi ikon dunia fesyen Indonesia melalui Style Makers Award 2016 yang sudah berjalan selama 5 tahun.

Beberapa kategori yang ditentukan dalam ajang penghargaan tersebut, yaitu Most Stylish Female Celebrity, Most Stylish Male Celebrity, Most Stylish VIP, Most Stylish Model, dan menjadi kategori tambahan tahun ini, Most Stylish DJ.

Pergelaran istimewa lainnya di Fashion Nation Senayan City tahun ini adalah pameran restropektif 20 tahun Rinaldy A Yunardi berkarya serta koleksi istimewa dari Iwan Tirta Private Collection. 

Menyambut hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April, Iwan Tirta Private Collection menghadirkan "The Iconic Woman", sebagai persembahan kepada Kartini-Kartini masa kini yang berprestasi dan memajukan wanita Indonesia. Sejalan dengan usia Senayan City, penghargaan ini diberikan kepada 10 wanita dari berbagai bidang seperti seni, model, penulis, dan sosial. Penghargaan ini juga merupakan apresiasi bagi para wanita yang telah memberikan inspirasi bagi berbagai pihak untuk dapat lebih maju di bidangnya. (les/les)