Miliki Pantai Pribadi di Raja Ampat

Rinaldy Sofwan Fakhrana, CNN Indonesia | Senin, 23/05/2016 12:00 WIB
Miliki Pantai Pribadi di Raja Ampat Pantai indah di Pulau Yeben, Raja Ampat, Papu. (CNN Indonesia/Rinaldy Sofwan Fakhrana)
Raja Ampat, CNN Indonesia -- Sensasi memiliki pantai pribadi dengan pasir putih dan air sejernih kristal bisa didapatkan di Indonesia. Pantai demikian ada di Pulau Yeben, Raja Ampat, Papua Barat.

Pulau ini berada di dekat Waigeo, pulau terbesar di destinasi wisata internasional itu. Untuk menikmati keindahan pantai ini, wisatawan mesti menggunakan kapal cepat.

Dari kejauhan, pasir putih sudah kentara terkena sinar matahari. Kapal yang ditumpangi CNNIndonesia.com dan kelompok jurnalis Australia berhenti agak jauh dari bibir pantai, ketika ketinggian air hanya mencapai paha orang dewasa.


Dari sana, pantai bisa dicapai dengan berenang atau berjalan menembus perairan yang dapat dikatakan tenang. Hanya ada sayup suara air dan desir angin di sana.

Air di pulau ini sangat jernih hingga terumbu karang bisa terlihat dari permukaan. Jika menyelam hingga kedalaman 1,5 meter, penyelam bisa melihat hingga 5 meter lebih jauh ke kedalaman.

Warna biru langit berpadu dengan biru kehijauan air laut dan putih pasir pantai. Sepi, tidak ada siapa-siapa.

"Pantai ini cuma dipakai singgah nelayan. Itu juga kadang-kadang saja, kalau malam," kata Aran Ginuni, pemandu lokal asal Sorong.

Dia menunjukkan tanda-tanda kehadiran para nelayan itu di satu titik di tengah pasir putih. Di sana, tampak bekas api unggun dan tempat duduk dari kayu.

"Kalau di waktu seperti ini ya tidak ada siapa-siapa," ujar Aran.

Air yang dangkal dan jernih membuat tempat ini cocok untuk snorkeling. Selain itu, airnya pun tenang sehingga perenang tidak perlu khawatir terbawa arus kencang.

"Gelombang di Raja Ampat memang tidak terlalu tinggi. Paling tinggi juga lima meter," kata pemandu sekaligus penyelam itu.

Selain itu, pantai putih dan air jernih bisa juga dirasakan di Pulau Friwen. Hanya saja, di tempat ini wisatawan akan bertemu dengan masyarakat lokal.

Sejumlah anak setempat terlihat sedang bermain-main dengan anjing. Ada pula mereka yang bergelantungan di tali yang terikat pada sebatang pohon.

Meski tidak secara aktif mendwkati wisatawan, mereka ramah dan selalu tersenyum. Keberadaannya memperindah pantai yang cukup teduh dengan pepohonan itu.

Sementara itu, Ian McLean, salah satu jurnalis asal Australia, mengatakan di negerinya hanya ada satu tempat yang menyerupai Raja Ampat, yakni The Great Barrier Reefs.

Walau demikian, dia mengatakan Raja Ampat lebih indah dari tempat wisata di negara asalnya itu.

"Barrier Reefs sangat indah, tapi kamu tidak bisa merasakan sensasi seperti di Raja Ampat," ujarnya. "Tempat ini begitu murni, begitu tak tersentuh." (sil/sil)