Manfaat Segelas Wine Setara Satu Jam di Gym

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Selasa, 23/08/2016 19:24 WIB
Penelitian menemukan bahwa kandungan kesehatan dari resveratrol dalam wine ternyata sama dengan manfaat kesehatan yang didapatkan saat berolahraga. Ilustrasi wine (David Silverman/Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Memotivasi diri sendiri untuk rajin berolahraga atau sekadar pergi ke gym memang bukan perkara mudah. Namun kenyataannya, rajin olahraga bukanlah satu-satunya solusi untuk mendapatkan tubuh ideal dan menurunkan berat badan.

Mengutip Huffington Post, sebuah penelitian yang dilakukan di University of Alberta di Kanada menemukan bahwa kandungan kesehatan dari resveratrol dalam anggur merah (wine) ternyata sama dengan manfaat kesehatan yang didapatkan saat berolahraga.

Jason Dyck, kepala penelitian mengungkapkan bahwa penelitian ini sebagian kecil akan membantu orang yang ingin menurunkan berat badan tapi tak bisa berolahraga.


Resveratrol diketahui bisa meningkatkan kemampuan fisik, fungsi jantung, dan kekuatan otot. Kemampuan meningkatkan semuanya ini diklaim punya cara yang sama dengan saat berolahraga. Peneliti mengklaim bahwa minum segelas red wine sama dengan satu jam di gym.  

"Saya pikir resveratrol bisa membantu orang yang ingin olahraga tapi secara fisik mereka tak mampu," katanya.

"Resveratrol bisa meniru manfaat olahraga untuk mereka atau menambahkan keuntungan yang didapat dari olahraga yang dilakukan."

Diskusi tentang manfaat kesehatan dari wine memang sudah banyak didokumentasikan. Studi mengungkapkan bahwa orang yang minum segelas red wine setiap hari akan memiliki risiko yang lebih rendah mengalami demensia atau kanker. Red winejuga diklaim baik untuk jantung, anti-aging, dan menurunkan kadar gula darah.

(vga)