Ragi Tempe, Rahasia Buat Ayam Panggang Super Lezat

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Selasa, 22/11/2016 07:31 WIB
Ragi Tempe, Rahasia Buat Ayam Panggang Super Lezat Seorang chef mengungkapkan rahasia membuat ayam panggang super lezatnya adalah dengan ragi tempe. (skeeze/pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Meski terlihat mudah dibuat, namun menghasilkan ayam panggang yang punya rasa lezat tidaklah mudah. Ada berbagai varian resep dan bahan rahasia yang dipakai untuk menghasilkan rasa ayam yang istimewa.

Penggunaan bumbu racik yang tepat memang jadi kuncinya, namun ada juga rahasia unik lain untuk membuat ayam panggang jadi lebih enak.

Melansir Independent, seorang koki mengungkapkan salah satu resep rahasia untuk menghasilkan ayam panggang yang lezat dengan ragi tempe atau Aspergillus oryzae.


Ragi tempe atau yang juga dikenal dengan koji, merupakan jenis jamur yang sudah digunakan dalam kuliner Asia selama lebih dari 2000 tahun.

Koji biasanya digunakan dalam proses fermentasi kacang kedelai untuk pembuatan berbagai makanan, dari tempe hingga kecap. Selain itu, jamur ini juga kerap dicampur dengan beras dalam fermentasi anggur.

Beberapa koki juga menggunakan 'beras ragi tempe' yang dikeringkan untuk mengawetkan daging serta menambah rasa pada saus.

Enzim dalam ragi tempe mengubah karbohidrat dari serealia dan kacang-kacangan atau sayuran menjadi bentuk gula yang lebih sederhana. Selain itu, enzim ini pula memecah protein pada daging.

Nick Blue, seorang chef di restoran Sardella, Missouri, mengatakan bahwa penggunaan ragi tempe saat membuat ayam panggang akan membuat teksturnya lebih empuk. Selain itu, ragi tempe juga akan memperkaya rasanya.

Melansir Bon Apetit, pada mulanya Blue hanya mencoba-coba. Namun ayam dengan tekstur empuk, kulit lebih renyah dan berwarna cantik, serta rasa yang lebih manis pada dagingnya membuat Blue jatuh cinta. Dia pun terus menggunakan ragi tempe saat membuat ayam panggang.

Cara yang digunakan cukup sederhana. Dia hanya membutuhkan dua sendok makan ragi tempe yang sudah dihaluskan. Ragi halus ini dicampurkan dengan satu sendok bumbu ayam ataupun garam. Campuran inilah yang dioleskan ke seluruh bagian ayam, termasuk bagian dalamnya.

Agar bumbu meresap sempurna, Blue memberi pijatan ringan pada ayam. sembari dipijat perlahan agar bumbu menempel sempurna. Untuk hasil yang lebih maksimal, ayam harus dimarinasi semalaman sebelum dipanggang. (chs/chs)