Lima Alternatif Pelembap Kulit

Syanne Susita, CNN Indonesia | Jumat, 10/03/2017 22:58 WIB
Lima Alternatif Pelembap Kulit Melakukan eksfoliasi atau proses pengelupasan kulit seminggu sekali juga membantu kulit tetap lembab (Thinkstock/moodboard)
Jakarta, CNN Indonesia --
Dehidrasi kulit membuat kulit kering dan rusak. Untuk menghindari masalah kulit, kelembapannya wajib dijaga. 
 
Sabun pembersih wajah yang tidak cocok, air panas dan faktor lingkungan bisa berpengaruh. Apalagi, jika kulit dalam keadaan kering.
 
Kulit kering membuat penampilan tidak cerah dan kusam. Selain, rajin minum air putih, menurut situs Bold Sky, masih banyak alternatif lain yang dapat digunakan sebagai perawatan kulit. 

Berikut tips yang dikutip Bold Sky untuk menjaga kulit wajah agar tetap terhidrasi selain menggunakan air.
 
1. Pembersih wajah
Tanpa air, pengganti alternatif untuk melembabkan wajah adalah dengan menggunakan pembersih wajah (cleanser). Pilih jenis cleanser yang terbuat dari bahan alami. Selain membersihkan kotoran dan debu di wajah dengan mudah, cleanser jenis ini melembabkan kulit hingga ke dalam.
 
2. Madu
Madu juga menjadi solusi untuk melembabkan kulit dan membuat wajah berkilau. Madu mengandung anti oksidan tinggi dan kandungan zat yang mampu mengatasi infeksi atau ruam merah pada wajah. Madu dapat langsung dioleskan pada wajah dan pijat selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.
 
3. Minyak pelembap
Biasanya menggunakan minyak pelembap, kelembapan bisa tahan lebih lama. Pilihlah minyak yang sesuai dengan jenis kulit. Minyak pelembap lebih efektif bekerja jika dioleskan pada wajah sebelum tidur. Jika tidak malas, cobalah untuk memijat wajah sesudahnya. Minyak pelembap digunakan untuk merawat kulit kering dan pecah-pecah. Bagi mereka yang berjerawat, pilih pelembap dengan kandungan minyak yang ringan.
 
4. Masker
Masker pelembap cocok buat mereka yang memiliki kulit kering dan kusam. Masker ini membantu menjaga kulit tetap kenyal dan terhindar dari dehidrasi. Pilih masker pelembap yang kaya vitamin dan rajin menggunakan dua hari sekali agar vitamin meresap sampai ke dalam kulit.
 
5. Eksfoliasi Seminggu Sekali
Melakukan eksfoliasi atau proses pengelupasan kulit seminggu sekali juga membantu kulit tetap lembab, segar dan sehat. Krim eksfoliasi bantu mengangkat kotoran dan debu di wajah. Selain itu, eksfoliasi mencegah kulit jadi kering dan menjaga kulit tetap lembap dan kenyal.



(SYS)