Serunya Kelas Kreatif, Yoga Khusus Untuk Anak-anak

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Jumat, 24/03/2017 16:03 WIB
Serunya Kelas Kreatif, Yoga Khusus Untuk Anak-anak Gerakan meniru binatang, suka-suka dan disertai meditasi, yoga tak lagi hanya untuk orang dewasa, tapi juga dapat dilakukan sejak usia dini. (Foto: CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
Ubud, CNN Indonesia -- Yoga ternyata tak hanya untuk orang dewasa. Berlatih yoga sudah bisa dilakukan sejak usia dini. Bukan yoga untuk orang dewasa, melainkan kreatif yoga yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak.

Seorang instruktur yoga dari Brisbane, Australia, Stephanie mengajar kreatif yoga untuk anak-anak. Stephanie membawa teknik itu ke festival yoga internasional, Bali Spirit Festival 2017. Dia mengajar yoga bagi anak-anak sembari menunggu orang tuanya berkegiatan di Bali Spirit.

Yoga untuk anak dibuka dengan perkenalan yang dibuat menyenangkan. Stephanie membangun suasana yang akrab dan mencoba menarik perhatian anak-anak agar fokus pada dirinya.


Stephanie mengajar yoga dengan menggunakan permainan dan musik agar membuat anak-anak menikmati yoga yang diajarkannya. Setiap anak-anak diminta untuk membuat gerakan sendiri dari binatang yang ia sukai. Teknik ini bertujuan untuk mengasah kreativitas otak kanan.

Gerakan itu dibebaskan sesuai keinginan anak-anak. Respons dari anak-anak yang ikut pun beragam. Carmen yang berusia delapan tahun dari Filipina meniru gerak citah dengan menelungkup dan mengangkat satu kaki. Ada juga yang menirukan kupu-kupu dengan duduk bersila kemudian menggerakkan kepala dan kakinya.

Namun, mengajar anak-anak tentu tidak mudah. Seorang anak menolak untuk menirukan binatang. Dia memilih untuk membuat piramid dengan menggerakkan kepala ke arah belakang dan menyatukannya dengan kaki. Stephanie mengaku tak masalah akan hal itu.

"Tidak masalah apapun bentuknya, sempurna atau tidak, yang pentng mereka menikmati. Itu kreasi mereka dan itu indah, bukan soal benar atau salah," kata Stephanie kepada CNNIndonesia.com usai mengajar yoga untuk anak-anak, di Bali, Kamis (23/3).

Setelah terkumpul beberapa gerakan, anak-anak diminta untuk mengingat dan meniru gerakan orang lain dalam sebuah permainan. Menurut Stephanie, permainan ini membuat mereka menerima perbedaan.

Anak-anak itu juga diajarkan meditasi yoga dengan mantra untuk menenangkan pikiran di manapun berada.

Kreatif, Yoga Khusus Untuk Anak-anakDalam melakukan gerak yoga, anak-anak dapat berkreasi sendiri menirukan gerak binatang yang mereka sukai. (Foto: CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
Stephanie menjelaskan mengajar anak-anak memang membutuhkan energi dan kesabaran ekstra untuk menjaga perilaku mereka. Namun, Stephanie tetap melakukan itu karena ia menilai kreatif yoga dapat bermanfaat bagi anak-anak mulai dari ketenangan hingga cara berpikir.

"Yoga membantu mereka lebih tenang dan bisa mengatur emosi jika stres. Kreatif yoga juga dapat membantu mereka untuk mengkespresikan diri mereka sebagai individu yang unik," tutur Stephanie yang sudah mengajar yoga untuk anak selama tiga tahun.

Stephanie sudah menjadi instruktur yoga selama lima tahun. Dia membuka kelas di Brisbane Australia 2-5 kali seminggu untuk orang dewasa dan satu kali seminggu untuk anak-anak. Yoga untuk anak ini bisa dilakukan sejak usia 6 tahun atau ketika anak sudah dapat diarahkan dengan mudah.