Kafein Tinggi, 'Black Insomnia' Jadi Kopi Terkuat Dunia

Rahman Indra, CNN Indonesia | Kamis, 06/04/2017 17:29 WIB
Kafein Tinggi, 'Black Insomnia' Jadi Kopi Terkuat Dunia Dibuat pencinta kopi asal Afrika Selatan, kopi ini mengandung 702 miligram kafein dan menggeser posisi Death Wish sebagai kopi citarasa terkuat dunia. (Foto: shixugang/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- International Food Information Council merekomendasikan agar seseorang konsumsi kafein harian sebanyak 300 miligram, sementara FDA 400 miligram, akan tetapi satu cangkir Black Insomnia berisi 702 miligram kafein, yang akan membuat mata terjaga sepanjang malam.

Dengan kandungan kafeinnya yang tinggi, Black Insomnia tak pelak menduduki peringkat kopi dengan cita rasa terkuat di dunia, bahkan menggeser posisi yang sebelumnya ditempati Death Wish.

Kopi Black Insomnia ditemukan pada 2016 lalu oleh pecinta kopi asal Afrika Selatan, Sean Kristafor. Dari awal, tujuannya membuat kreasi kopi dengan cita rasa paling kuat di dunia, dan ia mencobanya dengan memilih menggunakan jenis Robusta terkuat, bukan Arabica.


Rahasia dari tingginya kandungan kafein di kopi ini adalah bagaimana biji kopi dipanggang, akan tetapi Kristafor enggan mengungkap detil proses pembuatannya.

Mengutip Oddity Central, ia hanya mengatakan mereka dapat membuatnya sangat pahit, dan diturunkan sedikit rasanya jika ingin dikonsumsi oleh publik secara komersil.

Diluncurkan pada Juni tahun lalu, Black Insomnia awalnya hanya tersedia di beberapa kafe tertentu di Cape Town Afrika Selatan, tetapi sukses dengan cepat. Pada Oktober, label ini telah mengembangkan sayapnya hingga ke 22 negara di seluruh dunia. Sejak bulan lalu, kopi ini juga tersedia di Amazon AS.

Perusahaan kopi yang memproduksi kopi ini mengklaim menjual lima hingga enam ton dari kopi Black Insomnia setiap bulan, dan terus menanjak permintaannya.

Mengusung slogan sebagai "kopi terkuat di dunia," Sean Kristafor sebelumnya mengirimkan sampel Black Insomnia pada laboratorium berbasis di Swisss, dimana kopi diuji dengan kromatografi, lalu dibandingkan dengan kopi pahit lainnya. Hasil dari uji itu menunjukkan kopi tersebut mengandung kafein 17,5 gram di setiap kilogramnya.

[Gambas:Instagram]

Sebagai perbandingan, Death Wish yang sebelumnya menempati julukan Kopi Tekuat Dunia, berada di urutan setelahnya dengan kandungan kafein 13,2 gram per kilogram, dan Wod Fee, kopi blend dengan tambahan kafein di 13,8 gram per killogram. Satu kilogram kopi hitam Starbucks hanya berisi 5 sampai 6 gram kafein.

Laporan Caffeine Informer menunjukkan Black Insomnia memiliki 58,5 miligram kafein per ons, sementara Death Wish mengandung 54,2 miligram, biji kopi hitam Starbucks 21,25 miligram, minuman energi Red Bull 9,46 miligram, dan Coca Cola 2,8 miligram.

Namun, itu semua hanya catatan angka. Seberapa pahit sebenarnya  Black Insomnia? Caffeine Informer menyebut jenis kopi ini salah satu produk paling berbahaya dan cukup membuat palpitasi atau jantung berdebar-debar buat orang yang tingkat toleransi kafeinnya rendah. Konsumsi kafein dosis tinggi juga akan menyebabkan insomnia.

Mengutip situs resminya, Black Insomnia dibanderol dengan harga biji kopi per kemasan 500 gram-1 kilogram sekitar US$18 hingga US$38 atau dari Rp200.000 hingga Rp500.000

Biji kopi dengan cita rasa terkuat dunia ini juga sempat jadi perbincangan yang ramai di internet dengan hashtag #SleepingIsCheating.