Laporan dari Barcelona

Gado-gado Sukses Goda Lidah Warga Barcelona

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Senin, 01/05/2017 14:20 WIB
Gado-gado sukses memikat masyarakat Barcelona di ajang Indonesia Food Tour. (CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti)
Barcelona, CNN Indonesia -- Beragamnya kekayaaan kuliner seharusnya membuat Indonesia bangga untuk memperkenalkannya ke tingkat dunia. Setelah rendang diakui sebagai salah satu makanan terenak dunia dari Indonesia, kini saatnya makanan Indonesia lainnya ikut berjaya.

Untuk memperkenalkan kuliner Indonesia ke tingkat dunia, chef muda Indonesia, Maxie Millian dan Renatta Moelek beraksi di Barcelona, Spanyol melalui Indonesia Food Tour.

"Acara ini sebenarnya digelar untuk memperkenalkan makanan Indonesia di luar negeri," kata chef Maxie Millian kepada CNNIndonesia.com di Gran Hotel La Florida, Barcelona, Minggu (30/4).


"Selain itu, juga untuk menantang diri sendiri. Datang ke negara orang dan memperkenalkan makanan sendiri itu sangat menantang."

Dalam ajang yang digelar di Gran Hotel La Florida pada 29-30 April 2017 ini, Maxie dan Renatta berkolaborasi dengan executive chef hotel tersebut, Ivan Tarrago untuk menyajikan beraneka hidangan Indonesia dan Katalonia saat makan malam dan brunch.


"Chef-chef Indonesia ini sengaja digandeng untuk memberitahu adanya talenta muda di Indonesia yang peduli dengan makanan Indonesia. Ajang ini akan dihadirkan di lima tempat yaitu Barcelona, Bratislava, Praha, Brussel, dan Rotterdam," kata Detty Janssen, penyelenggara Indonesia Food Tour.

Makanan yang disajikan saat makan malam dan brunch berbeda-beda. Saat makan malam, Renatta, Maxie, dan Ivan menghadirkan rawon, naniura, asinan bogor, gazpachio, dan beberapa menu Katalonia lainnya.

"Saat brunch, kami masak opor ayam, lontong sayur, gado-gado, binte biluhuta, dan lainnya," kata Renatta.

Renatta dan Maxie mengungkapkan bahwa makanan tersebut sengaja dipilih karena mereka ingin memperkenalkan berbagai makanan lain dari seluruh Indonesia. Mereka membawa kuliner dari Sumatera dan Gorontalo yang kaya rempah.

Maxie mengungkapkan bahwa kekayaan Indonesia dari berbagai daerah menciptakan banyaknya pilihan makanan untuk diperkenalkan. Mereka sengaja tak membawa rendang yang jelas-jelas sudah punya nama besar di dunia kuliner Indonesia.

"Sengaja memang masak makanan Indonesia yang belum banyak dikenal negara lain, ini untuk memberitahu dunia bahwa Indonesia itu kaya, jangan hanya yang itu-itu saja."

"Tapi kami juga bawa kerupuk dan emping."




1 dari 3


BACA JUGA