Tujuh Jenis Garam Gourmet Paling Populer di Dunia Kuliner

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Jumat, 19/05/2017 19:30 WIB
Tujuh Jenis Garam Gourmet Paling Populer di Dunia Kuliner Garam Gourmet (Thinkstock/Anna Gugnina)
Jakarta, CNN Indonesia -- Garam adalah bumbu masak yang wajib ada di setiap dapur rumah tangga. Garam dipakai untuk memberikan rasa gurih dan sedap dalam setiap masakan.

Hanya saja tak semua orang tahu kalau garam bukan hanya berbutir halus dan berwarna putih. Mengutip Fine Dining Lovers, selain garam biasa, ada jenis garam gourmet yang jadi tren belakangan ini.

Garam gourmet sendiri sebenarnya nyaris mirip dengan garam putih atau garam dapur pada umumnya. Hanya saja, pada garam gourmet masih dicampur dengan berbagai rempah dan mineral yang unik. Rempah dan mineral dalam garam ini akan menghasilkan paduan rasa yang unik serta berbeda dari garam dapur biasanya. 


Cita rasa garam gourmet ini akan membuat rasa makanan jadi lebih aromatik. Selain bentuk, warna, dan juga aromanya yang berbeda, garam gourmet ini juga berbeda pula cara penggunaannya. Setiap jenis garam memiliki kegunaan dan juga fungsinya masing-masing. 

Tujuh Jenis Garam Gourmet Paling Populer di Dunia KulinerFoto: CNN Indonesia/Laudy Gracivia

1. Pink Himalayan Salt
Jenis garam ini dikumpulkan dengan tangan dari wilayah Punjab di Pakistan. Garam ini mengandung 84 mineral, elemen, dan senyawa lain yang berbeda. Garam ini dikenal dari warna merah mudanya. Garam ini biasanya digunakan di spa dan juga pusat kecantikan untuk perawatan tubuh. Garam ini diklaim juga memiliki manfaat kesehatan.

Dalam urusan masakan, jenis garam ini ideal dipakai untuk berbagai macam masakan, dari garam masak ikan sampai sentuhan akhir masakan.

2. Grey Atlantic Salt
Warna garam yang keabu-abuan ini berasal dari mineral yang diserap dari tanah liat. Tanah liat jenis ini biasanya ditemukan di wilayah Brittany di Perancis. Garam ini punya after taste yang sangat asin.

Namun inilah yang membuatnya populer di kalangan chef. Garam ini ideal untuk masakan berbahan ikan dan daging. Anda juga bisa memberikannya di atas kacang atau popcorn.

3. Hawaiian Pink Salt
Warna pink dalam jenis garam ini didapatkan dari tanah liat. Namun jenis garam ini ideal untuk daging panggang atau ikan panggang.

Garam ini akan menghadirkan sensasi rasa earthy yang lembut. Garam ini juga sempurna untuk dihaluskan dan dicampur dengan berbagai rempah aromatik.

4. Black Hawaiian Hiwa Kai Sea Salt
Garam berwarna hitam ini mengandung abu karbon dari sayuran. Garam ini memiliki manfaat untuk sistem pencernaan. Garam hitam ini juga sempurna dengan ikan dan biasa digunakan dalam haute cuisine sebagai bagian dekoratif.

Jenis garam ini juga ada yang berwarna hijau. Warnanya didapatkan dari campuran daun bambu. Garam hijau ini sempurna untuk memberikan masakan sedikit sentuhan aroma yang berempah.

5. Smoked Yakima Sea Salt
Jenis garam laut ini berasal dari area Yakima, Washington. Untuk mendapatkan sensasi asapnya, garam ini diasapi dengan kayu apel. Garam ini sempurna untuk berbagai jenis masakan bakar terutama pork dan daging putih (ayam atau ikan).

6. Maldon Salt
Ini adalah jenis garam dari Inggris yang memiliki butiran besar. Garam ini banyak disukai para chef karena memberikan sentuhan spesial dalam makanan. Garam jenis ini berbentuk seperti kristal dan perlahan-lahan meleleh dalam mulut. Garam ini biasanya digunakan untuk memberikan efek dan tekstur kontras dalam makanan.

Garam ini berkolaborasi dengan baik dengan makanan berkonsistensi lembut. Tak cuma itu, garam ini juga memberikan sentuhan lain yang istimewa dalam cokelat.

7. Balinese salt
Serpihan kristal garam ini memiliki bentuk seperti piramid. Bentuknya yang seperti ini membuat garam Bali termasuk garam yang unik di 'dunia garam.' Garam ini berasal dari Samudera Hindia di sekitar Bali. Garam ini dianggap sempurna untuk memberikan rasa gurih dalam masakan sekaligus tekstur butiran yang renyah.