Mengungkap Fungsi Kancing di Kerah belakang Kemeja Pria

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Rabu, 24/05/2017 06:07 WIB
Mengungkap Fungsi Kancing di Kerah belakang Kemeja Pria Ilustrasi (Thinkstock/Koldunov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pernah perhatikan bagian belakang kerah kemeja pria? Pada beberapa baju seringkali terdapat sebuah kancing putih kecil yang terjahit di sana.

Mungkin juga Anda pernah bertanya-tanya apa fungsinya. Di bagian ini toh tak butuh dihubungkan jadi satu seperti di bagian depan kemeja, karena kerah leher ini akan dilipat kaku.

Sekilas mungkin kehadiran kancing ini terlihat tak berguna, namun yang harus disadari, kancing ini tak akan ditambahkan kalau tak ada guna atau fungsinya.


Mengutip Witty Feed, kancing bulat kecil di belakang kerah kemeja bukanlah sekadar penghias atau aksesori. Lebih dari itu, kancing di kerah ini digunakan untuk menyatukan kerah dengan baju.

Ide untuk membuat kerah dengan kancing ini awalnya dibuat pada tahun 1960-an. 'Ikatan' antara kancing dengan kerah ini awalnya dibuat sebagai 'kaitan' untuk menggantung baju.

Kancing ini akan membentuk sebuah 'simpul' agar baju lebih mudah digantung di paku. Ini ini muncul jauh sebelum adanya gantungan baju (hanger) tercipta.

Kaitan antara kerah dan kancing ini dikenal sebagai locker loops atau fruit loops. Namun jika Anda tak menyukainya, Anda bisa saja melepas dan menghilangkan kancingnya.

Dalam perkembangannya, kaitan kemeja ini tak cuma hadir dalam bentuk kancing. Bentuk lain seperti jahitan pita di bagian punggung belakang juga berfungsi sebagai sebuah pengait baju di pake.