Kala Sakura dan Pangeran Kecil Bermain dalam Secangkir Kopi

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Senin, 12/06/2017 06:18 WIB
Kala Sakura dan Pangeran Kecil Bermain dalam Secangkir Kopi Foto: Screenshoot via Instagram @leekangbin91
Jakarta, CNN Indonesia -- Bermain seni di atas secangkir kopi memang kembali tren. Bukan hanya sekadar permainan 'membubuhkan' buih campuran kopi dan krim di atas kopi, kini seni latte art makin berkembang.

Latte art kini berkembang menjadi sebuah kreasi seni mini dalam cangkir. Carol Mel Cafe di Singapura kini menjadi incaran kaum muda penggemar latte art karena kreasi kopinya yang cantik.

Berbeda dengan kreasi 'bunga' kopi biasanya, kafe tersebut menghadirkan keindahan dan keromantisan bunga sakura yang mekar dalam cangkirnya.


Romantisnya bunga sakura ini ditampilkan dalam berbagai warna yang cantik. Tak dimungkiri, kafe ini memang digilai karena kreasi floral art lattenya.


Mengutip Lonely Planet, Damien Soh adalah penggagas konsep tersebut. Dia mengatakan bahwa musim sakura di seluruh Asia menjadi sumber inspirasinya.

Sakura memang tak tumbuh di seluruh Asia, namun 'demam' musim mekarnya bunga cantik itu melanda seluruh Asia.

"Saya terpikir untuk membuat rangkaian minuman sakura, dan ternyata responsnya sangat menggembirakan," ucapnya.

"Sakura latte art ini bisa dibuat di atas latte, matcha latte, taro latte, pink taro latte, sampai sesame latte. Sekarang saya sedang menciptakan campuran rasa misterius yang baru."


Berbeda dengan art latte lainnya, Soh mengaku pembuatan desain sakuranya ini cukup rumit. Oleh karenanya, sakura latte ini harus dipesan setidaknya 24 jam sebelumnya. Soh pun harus 'menghias' kopi tersebut dengan cepat agar tamu bisa menikmati kopi panas dengan tambahan bunga sakura di atasnya.



Senada dengan Soh, Lee Kang Bin, seorang pria asal Korea Selatan juga memanfaatkan Campuran kopi, krim, dan susu menjadi kanvas 'putih' untuk menuangkan warna-warni jiwa seninya.

Pemilik kafe C.through di Korea ini menamai kreasinya sebagai cream art. Berbeda dengan jenis art latte lainnya, Lee justru menggambar kopinya di atas cold coffee.


"Saya ingin menemukan rasa yang luar biasa dan rumit, jadi saya mengembangkan creamart, dan sekarang banyak orang yang suka dengan creamart saya," tulis Lee dalam akun Instagramnya.

Di atas cangkir kopinya, Lee menggambarkan berbagai macam karakter lucu, termasuk gambar kartun televisi. Hanya saja yang paling menarik perhatian, Lee membuat creamart dengan gambar-gambar yang rumit dan detail dari beragam inspirasi, misalnya starry night, Aladdin, Little Prince, Super Mario Bros, sampul majalah fesyen, wajah orang, gugus kimia kafein, dan lainnya.

Tak cuma menggambar dengan warna monokrom, pria yang mengaku tak pernah khusus belajar menggambar ini juga menghias kopinya dengan berbagai warna untuk menimbulkan dimensi gambar kopi yang indah.

[Gambas:Instagram]

"Saya harap, sama seperti Americano, saya mau memperkenalkan creamart ke seluruh dunia, bahwa creamart dikembangkan di Korea."