Lakukan Ritual Ini Agar Bekerja Semakin Produktif

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Senin, 03/07/2017 17:10 WIB
Lakukan Ritual Ini Agar Bekerja Semakin Produktif Foto: Thinkstock/XiXinXing
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak perlu muluk-muluk agar bisa membuat hari jadi lebih produktif. Ritual kecil di pagi hari ternyata ampuh menjadikan pekerjaan produktif dan waktu tak menjadi sia-sia.

Seorang Jenderal angkatan laut Amerika Serikat yang sudah pensiun, William McRaven membagikan rahasianya agar tetap produktif di tempat kerja dan disiplin sepanjang hari.

Komandan bintang empat itu merupakan penulis buku inspirasi, Make Your Bed: Little Things That Can Change Your Life... And Maybe the World. Dalam buku best-seller itu, McRaven memberikan 10 tips untuk mengubah kehidupan.




McRaven mengatakan bahwa menyelesaikan satu tugas dasar di pagi hari sudah cukup untuk membantu menjaga kualitas sepanjang hari agar tetap berjalan baik.

Seperti judul bukunya, kiat utama membuat hari lebih efektif menurut McRaven adalah merapikan tempat tidur setiap paginya.

McRaven yang saat ini merupakan kanselir di University of Texas System, menyebut rutinitas sederhana yang kerap dianggap membosankan dan berulang-ulang itu justru bisa membuat hari berjalan efektif.



"Itu merupakan tugas pertama saya di pagi hari, dan melakukannya dengan benar sangatlah penting. Hal itu menggambarkan kedisiplinan," tulis McRaven di bukunya.

Menurut McRaven, membersihkan tempat tidur menunjukkan perhatian detail. Kegiatan itu juga merupakan pengingat sepanjang hari.

"Di akhir hari ini jadi pengingat bahwa saya sudah melakukan sesuatu dengan baik dan bisa dibanggakan seberapa kecil hal itu. Membersihkan tempat tidur merupakan pekerjaan rutin yang saya lakukan tiap hari," kata McRaven.

Ide dari buku ini muncul saat dia memberikan pidato di University of Texas System yang dilihat lebih dari 25 juta kali.



"Dan jika hari Anda berjalan menyedihkan, maka Anda akan kembali ke tempat tidur dan dengan harapan hari esok akan lebih baik," tambah McRaven.

Selain ritual itu, McRaven juga memberikan tips lainnya seperti kerja tim, perilaku yang positif, dan tak mudah menyerah.

[Gambas:Youtube]

McRaven merupakan jenderal yang memiliki karier yang memukau selama 37 tahun. Dia merupakan komandan di Komando Operasi Khusus Amerika Serikat. McRaven ikut terlibat dalam operasi yang menyebabkan kematian Osama bin Laden.

Dia bahkan dinominasikan sebagai orang tersukses versi majalah Time seperti dilansir Independent.


BACA JUGA