Sleman Creative Award 2017 Perkuat Citra Batik Lurik

Advertorial, CNN Indonesia | Senin, 24/07/2017 14:55 WIB
Sleman Creative Award 2017 Perkuat Citra Batik Lurik
Jakarta, CNN Indonesia -- Kabupaten Sleman, Yogyakarta makin serius menggarap potensi wisata warisan budaya batik miliknya. Salah satunya dengan menggelar Sleman Creative Award 2017.

Dalam acara ini ada berbagai lomba diadakan di antaranya lomba kreasi tas dan lomba kreasi busana kasual dengan sentuhan material batik, serta lomba fotografi tempat wisata.

"Lomba ini merupakan suatu upaya menyinergikan pengembangan potensi pariwisata dengan pengembangan fashion berbahan dasar batik Sleman. Harapannya, wisata Sleman makin diminati dan Sleman pun jadi tujuan wisata belanja fashion batik," jelas Kepala Dinas Pariwisata Sleman Sudarningsih dalam rilisnya, Senin (24/7/2017).


Untuk masyarakat yang ingin mengkuti lomba kreasi tas material batik Sleman bisa mengumpulkan karyanya sampai 28 Juli 2017. Sementara pengumpulan karya pada 13 Agustus 2017 berlangsung di Lapangan Syiwa, Kompleks Candi Prambanan pukul 15.00 WIB.

"Pengumpulan karya harus oleh peserta sendiri. Bersamaan dengan event Sleman Fashion Show 2017," tambah Sudarningsih.

Lomba kreasi tas berbahan dasar batik Sleman ini terbuka untuk umum. Dengan usia 17-35 tahun. Peserta boleh mengirim lebih dari satu karya.

Pendaftaran peserta dikenai biaya sebesar Rp 75.000/karya. Pemenang untuk lomba ini Rp 4 juta (juara 1), Rp 3 juta (juara 2) dan Rp 2 juta (juara 3).

Untuk lomba kreasi busana kasual mengambil tema 'Play and fun in Java Mood'. Tersedia hadiah sebesar Rp 5 juta (juara 1), Rp 4 juta (juara 2) dan Rp 3 juta (juara 3).

Sementara untuk lomba fotografi tempat wisata mengharusnya adanya model yang mengenakan batik/lurik Sleman. Foto tersebut kemudian diunggah ke Instagram lalu tag dan mention @slemanfashionfestival dan @wisatasleman.

Pemenang untuk lomba foto ini diumumkan bersamaan dengan puncak Sleman Fashion Show Festival pada 13 Agustus 2017 di Lapangan Syiwa Prambanan.