Dari Batik hingga Kebaya, Busana Bunga ke Miss Universe 2017

Rahman Indra, CNN Indonesia | Jumat, 03/11/2017 20:00 WIB
Sepekan menjelang keberangkatannya ke Miss Universe 2017, Bunga Jelitha (26) memberi bocoran 5 busana yang akan ia bawa berkompetisi, dari batik hingga kebaya. Sepekan menjelang keberangkatannya ke Miss Universe 2017, Bunga Jelitha (26) memberi bocoran 5 busana yang akan ia bawa berkompetisi, dari batik hingga kebaya. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sepekan menjelang keberangkatannya menuju kontes kecantikan bergengsi dunia, Miss Universe 2017, Bunga Jelitha Ibrani (26), memberi bocoran busana yang akan ia bawa berkompetisi. 

Tak hanya memamerkan busana untuk sesi kompetisi Best National Costume karya Rinaldy A Yunardi, tapi juga lima busana andalan lainnya yang akan dipakai selama kompetisi, yang dimulai dari 12 hingga 27 November 2017 mendatang. Malam Grand final Miss Universe 2017 dijadwalkan berlangsung 26 November 2017 di The AXIS, Planet Hollywood Las Vegas, AS. 

Bunga yang kali ini mewakili Indonesia akan mengenakan lima busana rancangan desainer Indonesia, yang merentang dari batik, songket, hingga kebaya. Kelima busana itu merupakan rancangan Ivan Gunawan, Era Soekamto dari Iwan Tirta Private Collection, Andreas Odang, Yogie Pratama dan Intan Avantie. 



Ivan Gunawan - Bungo Cino

Gaun malam dengan tema 'Bungo Cino' ini dibuat dari bahan dasar songket Palembang dengan motif Bungo Cino. Busana ini, seperti disampaikan Ivan dalam pernyatannya, memiliki makna filosofi yang melambangkan keanggunan seorang wanita serta kelembutan yang menebarkan keharuman layaknya setangkai bunga yang mekar.

Warna oranye keemasan dipilih untuk menonjolkan karakter Bunga Jelitha yang melambangkan ciri khas wanita Indonsia. Warna ini juga memiliki makna memberi kesan hangat dan bersemangat serta simbol dari petualangan, optimisme, percaya diri dan kemampuan bersosialisasai.

Dalam kesempatan mengenalkan rancangannya itu, di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (3/11), Ivan mengatakan dirinya membuat busana berdasar dari pengalaman keikutsertaan Puteri Indonesia di ajang kontes kecantikan dunia. "Busana mesti memiliki konsep, dan menunjukkan Indonesia tidak old fashion," ujarnya. 

[Gambas:Instagram]

Iwan Tirta - Dewaraja

Busana hasil rancangan desainer Iwan Tirta bertajuk Dewaraja ini menggambarkan upaya dalam melestarikan warisan batik.

Koleksi ini mengambil inspirasi dari sejarah kerajaan kuno di Indonesia, dari Majapahit hingga Bali yang didokumentasikan dengan cermat dalam kepustakaan motif Sang Maestro, Iwan Tirta.

Sesuai namanya yang mengusung konsep sakral seorang Raja dalam pencapaian spiritual, setiap motif batik, mencerminkan apresiasi Iwan Tirta Private Collection yang mendalam terhadap era keemasan Nusantara dan membuat warisan ini dalam balutan yang relevan untuk zaman modern.

Era Soekamto, desainer yang berada di balik label Iwan Tirta Private Collection turut hadir dan mendapatkan apresiasi ketika Bunga menampilkan busana rancangannya.

"Bunga mewakili Indonesia, karena itu saya pilih motif poleng hitam putih artinya keseimbangan nusantara sudah ada dan menjadi pedoman bagi Bunga di ajang internasional," ujarnya. 

Selain itu, kata dia, ada motif mandala yaitu motif seperti doa dan sempurna cahayanya. "Ini harapannya, Indonesia bisa berjaya di acara internasional."

[Gambas:Instagram]

Andreas Odang - Magical Flower

Berbeda dengan Ivan Gunawan dan Iwan Tirta, gaun karya desainer Andreas Odang ini lebih mengetengahkan motif flora dan bunga nusantara Indonesia melalui gaun panjang berbahan syfon.

Warna hijaunya yang mendominasi melambangkan kesuburan akan tanah Indonesia. Sementara, warna pink pada kelopak bunga menggambarkan keanggunan wanita Indonesia yang ramah dan lembut dalam bersikap.

[Gambas:Instagram]

Yogie Pratama - Powerful Red

Busana karya desainer Yogie Pratama ini terinspirasi dari sosok perempuan yang berani, tegas serta penuh percaya diri. Setidaknya ini bisa dilihat dari pilihan warna merah untuk gaun berpotongan cocktail ini.

Yogi menggunakan proses lipit pada bagian bawah gaun serta dilengkapi dengan taburan detail bunga pada bagian atas. Setiap detial gaun ini menambahkan unsur manis sekaligus feminin. 

[Gambas:Instagram]

Intan Avantie - Kebaya

Memadukan kain tradisi Jawa yang menjadi bagian dari budaya Indonesia, busana rancangan Intan Avantie ini menggunakan batik sogan kawung kembang setaman dengan gaya etnik.

Selain pas di badan, kebaya ini mengusung kekayaan detail yang mengesankan dari bagian atas hingga bagian rok panjangnya. Kebaya rancangan Intan melengkapi perjalanan Bunga dalam menampilkan Indonesia di ajang Miss Universe 2017. 

[Gambas:Instagram] (tab/rah)