Jepang Punya Aplikasi 'Pesan Tempat Duduk' untuk Wanita Hamil

AFP, CNN Indonesia | Selasa, 12/12/2017 15:26 WIB
Jepang Punya Aplikasi 'Pesan Tempat Duduk' untuk Wanita Hamil Ilustrasi. (Thinkstock/kjekol)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tidak semua penumpang mau memberikan tempat duduknya untuk wanita hamil, terutama jika angkutan umum yang dinaiki sedang penuh sesak di jam sibuk.

Tokyo memiliki terobosan baru untuk mengatasai masalah tersebut, melalui aplikasi yang bisa digunakan wanita hamil untuk memesan tempat duduk di kereta bawah tanah.

Aplikasi itu dirilis oleh Dai Nippon Printing (DNP) yang bekerjasama dengan perusahaan aplikasi pesan, Line.


Melalui aplikasi tersebut, wanita hamil bisa terhubung dengan penumpang lain yang mau memberikan tempat duduknya di kereta bawah tanah.

Aplikasi itu tak hanya memudahkan, namun juga mengatasi masalah komunikasi yang terjadi di Jepang, di mana banyak penduduknya sibuk dengan alat elektronik dan enggan berbincang satu sama lain saat berada di angkutan umum.

“Mereka akan saling terhubung melalui aplikasi namun tidak akan saling menukar informasi pribadi,” kata juru bicara DNP.

“Aplikasi ini bakal memudahkan wanita hamil untuk mencari tempat duduk, tanpa perlu menegur penumpang satu persatu,” lanjutnya.

Setelah wanita hamil, DNP juga berencana untuk merilis aplikasi yang sama untuk orang lanjut usia dan orang dengan kebutuhan khusus.

[Gambas:Instagram]

Wanita hamil memang menjadi perhatian khusus pemerintah Jepang, karena negara ini memiliki angka kelahiran yang kecil.

Sebelum aplikasi pesan bangku, pemerintah Jepang juga telah menerapkan peraturan ‘pita pink’ untuk dikenakan wanita hamil, agar orang di sekitarnya bisa mengetahui keberadaannya.

Tapi, banyak wanita hamil yang enggan mengenakan tanda tersebut karena tak ingin menyinggung wanita lain.

(ard)