Mega Travel Card

10 Hal Mengenai Islandia yang Perlu Dimengerti Turis

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 14/12/2017 20:07 WIB
10 Hal Mengenai Islandia yang Perlu Dimengerti Turis Blue Lagoon di Islandia. (AFP PHOTO / Thorvaldur Orn Kristmundsson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Film ‘The Secret Life of Walter Mitty’ atau ‘Heima’ membuat banyak turis semakin penasaran untuk berwisata ke Islandia. Sebelum datang ke sana, ada sepuluh "kenyataan" yang perlu dimaklumi turis mengenai negara Nordik itu, seperti yang dilansir dari Insider dan berbagai sumber:

1. Air berbau tapi bisa diminum

Air yang mengalir di Islandia berbau seperti telur busuk, karena mengandung sulfur. Meski demikian, air tersebut tidak mengandung rasa dan tetap bisa diminum. Jadi, jangan sungkan untuk menyimpan air dari keran hotel untuk menghemat pengeluaran selama berada di sana.


2. Selalu ramai

Islandia tidak lagi sepi, karena banyak agen perjalanan wisata dari berbagai negara yang mengantar turis ke sana. Jangan heran ketika bertemu banyak orang Amerika atau Inggris saat berada di Blue Lagoon. Penduduk Islandia berjumlah 332 ribuan orang, sementara turis yang datang setiap tahunnya berjumlah 1,8 jutaan orang.

3. Pemandangan pembangunan

Pegunungan dan perbukitan memang masih terlihat, namun semakin banyak tiang pancang yang juga menghias langit Islandia saat ini. Pariwisata membuat sektor industri negara kecil itu kembali bergairah.

[Gambas:Instagram]

4. Siang yang pendek

Siang tak berlangsung lama di Islandia, karena matahari terbit pukul 9 pagi dan terbenam pukul 5 sore di sana. Siang juga akan jauh lebih pendek di musim dingin. Buatlah rencana perjalanan yang ringkas saat berada di sana, sebelum kecewa karena siang sudah berganti malam.

5. Tidak banyak toilet umum

Islandia tidak banyak memiliki banyak fasilitas toilet umum untuk turis, karena negara ini sebelumnya memang tak pernah didatangi orang sebegitu banyak. Sekalinya ada toilet umum, maka jaraknya jauh dari keramaian dan tarifnya cukup mahal. Sempatkan diri ke toilet umum jika sekali melihatnya, sebelum kerepotan di tengah perjalanan.

[Gambas:Instagram]

6. Jauh dijangkau

Objek wisata yang ada di Islandia berjarak jauh satu sama lain. Sadarilah bahwa diri akan selalu berada di dalam bus atau mobil sewa jika ingin berkeliling di sana. Jangan dulu menyesal, karena pemandangan alam selama perjalanan sangatlah cantik.

7. Berendam versus rambut

Berendam di kolam mata air panas menjadi salah satu aktivitas wisata yang populer dilakukan turis. Bagi yang berambut panjang, ingatkan diri untuk selalu menguncirnya ke atas, karena zat silika dalam mata air panas bisa merusak rambut yang terlalu lama terendam. Segera keramas dengan sampo dan kondisioner setelah berendam.

[Gambas:Instagram]

8. Cahaya Utara tak selalu muncul

Sebagai fenomena alam, Cahaya Utara tidak selalu muncul setiap hari. Oleh karena itu, butuh waktu menetap yang lebih lama jika ingin menyaksikannya di Islandia, minimal tujuh hari. Cahaya Utara juga tidak akan muncul di kawasan yang ramai, karena fenomena alam ini sangat rentan polusi udara dan cahaya dari sekitarnya.

9. Sangat dingin

Jangan sampai salah kostum, karena udara dingin di Islandia sangatlah dingin. Bagi turis dari negara tropis, musim panas di sana juga akan tetap terasa dingin, jadi bawalah baju hangat yang paling tebal.

10. Bisa tanpa uang fisik

Walau kecil, namun Islandia termasuk salah satu negara yang mulai menerapkan uang digital dalam setiap pembayaran. Tak perlu membawa banyak uang fisik, karena banyak toko yang menerima pembayaran dalam bentuk kartu debit atau kartu kredit.

[Gambas:Instagram]

Berbicara mengenai kartu kredit untuk berwisata, produk kartu kredit baru dari Bank Mega yakni Mega Travel Card, mengklaim dapat memberi nilai tukar yang menguntungkan.

Bahkan, jika ada bank yang memberikan nilai tukar lebih murah, Bank Mega bersedia mengganti selisihnya.

Selain itu, semakin sering bertransaksi dengan Mega Travel Card maka mileage point yang dimiliki akan semakin banyak.

Setiap transaksi Rp7.500 akan mendapatkan 1 mileage point. Transaksi di luar negeri mendapatkan 1 point, sementara transaksi di dalam negeri mendapatkan 2 point.

Informasi mengenai Mega Travel Card, bisa diketahui lebih lanjut melalui situs resmi www.bankmega.com, atau melalui MEGACALL di 60010 (HP) dan 1500010 (PTSN).

(ard)