Kota Canto Bight 'Star Wars' Ternyata Ada di Kroasia

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 18/12/2017 17:03 WIB
Kota Canto Bight 'Star Wars' Ternyata Ada di Kroasia Pemandangan kota Dubrovnik di Kroasia. (AFP PHOTO / ELVIS BARUKCIC)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tidak bermaksud untuk menyebarkan spoiler, tapi bagi yang sudah menyaksikan film baru Star Wars, ‘The Last Jedi’, pasti sudah melihat penampakan kota Canto Bight, tempat karakter Finn dan Rose melakukan salah satu adegan aksinya.

Dikutip dari Nerdist, kota Canto Bight merupakan kota jelmaan dari kota Dubrovnik yang berada di Kroasia. Selain untuk Star Wars, kota yang dikeliling perairan ini juga sempat menjadi lokasi syuting serial ‘Game of Thrones’.

Keputusan sutradara Star Wars ‘The Last Jedi’, Rian Johnson, untuk melakukan pengambilan gambar di Dubrovnik tentu saja semakin meningkatkan jumlah kunjungan turis ke sana.


“Film dan serial televisi memang berhasil membuat turis penasaran untuk datang. Mereka jadi tertarik untuk mengetahui sejarah kota ini,” kata Ivan Vukovic, salah satu pemilik agen perjalanan wisata di sana, seperti yang dilansir dari Money.

Dubrovnik tercatat dalam daftar Situs Warisan Budaya UNESCO.

Namun, semakin ramainya turis membuat sebagian besar masyarakatnya khawatir mengenai kelestarian alamnya.

[Gambas:Instagram]

Oleh karena itu, Wali Kota Dubrovnik Mato Franković menetapkan peraturan baru, yakni membatasi jumlah kedatangan turis menjadi maksimal 4.000 orang setiap harinya, setelah sebelumnya 8.000 orang per hari.

Jumlah tersebut merupakan peraturan resmi yang ditetapkan oleh UNESCO kepada seluruh destinasi dan objek wisata yang masuk dalam daftar bergengsinya.

[Gambas:Instagram]

“Mungkin kami akan sedikit merugi dalam satu atau dua tahun mendatang. Tapi, saya yakin di tahun-tahun berikutnya semakin banyak turis yang penasaran ingin datang,” kata Franković, seperti yang dikutip dari Travel and Leisure.

“Kami ingin memberikan destinasi wisata yang berkualitas kepada mereka yang datang,” lanjutnya.

[Gambas:Youtube]

(ard)