Studi: Pecinta Teh Lebih Pintar dan Kreatif

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Rabu, 24/01/2018 15:36 WIB
Studi: Pecinta Teh Lebih Pintar dan Kreatif Minum teh ternyata tak cuma bisa membuat tubuh dan otak jadi rileks, selain itu teh juga dianggap bisa membuat pecintanya jadi lebih kreatif. (Morgan Sessions)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kopi sekarang ini mungkin lebih populer dibanding teh. Namun ini tak berarti kalau seorang peminum teh tidak lebih keren dibanding peminum kopi.

Kalau Anda adalah seseorang yang lebih suka minum teh jangan dulu berkecil hati.

Pasalnya, menurut penelitian terbaru di Peking University, China pecinta teh ternyata adalah sosok yang sangat kreatif.



Studi yang dipublikasikan dalam Food Quality and Preference menganalisa sekitar 50 orang dengan usia rata-rata di awal 20-an. Mengutip Independent dari Food and Wine, setengah dari responden tersebut diberikan teh hitam, dan setengahnya lagi diberikan segelas air. Sebelumnya kemampuan kognitif dan kreativitas mereka diuji terlebih dulu.

Para responden diuji dengan dua jenis tes. Pertama mereka diminta untuk membangun sebuah gedung dari blok mainan, dan kedua mereka diminta untuk memberi nama kreatif untuk sebuah restoran.

Hasilnya, peminum teh ternyata konsisten mendapatkan nilai yang lebih tinggi untuk kreativitas mereka membangun gedung mainan dan juga memberi nama restoran.

Hasil ini membuat para peneliti menyimpulkan bahwa minum teh sebelum mengerjakan sesuatu yang menuntut kreativitas akan membantu meningkatkan kemampuan kognitif seseorang.


"Dua bahan alami, kafein dan theanin memiliki efek yang menguntungkan untuk fokus dan merupakan bagian tak terpisahkan dari fungsi kognitif," tulis peneliti dalam jurnal tersebut.

Hanya saja mereka menambahkan bahwa subyek tes hanya minum sejumlah kecil minuman lain sebelum pengujian. Dan hal ini berarti bahwa belum ada bukti bahwa jangka waktu lama akan meningkatkan kreativitas secara keseluruhan. (chs/chs)