Resep Membuat Sambal Dabu-dabu ala Chef Billy

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Selasa, 27/03/2018 08:10 WIB
Resep Membuat Sambal Dabu-dabu ala Chef Billy Chef Billy Kalangi yang berasal dari Manado menjelaskan sambal dabu-dabu merupakan hidangan sambal yang terbuat dari cabai rawit, bawang merah, dan tomat. (Foto: Thinkstock/MielPhotos2008)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sambal dabu-dabu merupakan sambal pelengkap khas Manado, Sulawesi Utara. Sambal ini biasanya disajikan dengan makanan laut yang banyak dijajakan di Manado. Rasanya yang pedas dan segar membuat sambal dabu-dabu jadi pilihan tepat untuk menghilangkan rasa amis pada hidangan laut, terutama ikan bakar.

Chef dan selebriti Billy Kalangi yang berasal dari Manado menjelaskan sambal dabu-dabu merupakan hidangan sambal yang terbuat dari cabai rawit, bawang merah, dan tomat.

"Cara membuat sambal dabu-dabu sederhana sekali," kata Billy kepada CNNIndonesia.com usai acara ABC Kraft Heinz di Jakarta, beberapa waktu lalu.



Dalam bahasa Manado, dabu-dabu sendiri sebenarnya berarti sambal. Hanya saja, saat ini masyarakat umum mengenal sambal dabu-dabu sebagai sambal Manado dengan irisan tomat segar.

Berikut merupakan resep sambal dabu-dabu dari Chef Billy:

Bahan:
10 buah rawit merah, iris
5 buah rawit hijau, iris
5 siung bawang merah, iris tipis
1 buah tomat merah, dipotong dadu
5 buah tomat hijau, iris
1/2 buah jeruk nipis
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Cara membuat:
1. Peras jeruk nipis ke bawang merah dan diamkan sebentar.
2. Campurkan semua bahan di atas, aduk rata dan bumbui dengan gula dan garam secukupnya
3. Agar tetap segar, sambal bisa disimpan dalam kulkas. (rah/rah)