Banyuwangi Siap Sambut Wisatawan di Momen Libur Lebaran

agr, CNN Indonesia | Rabu, 13/06/2018 13:30 WIB
Banyuwangi Siap Sambut Wisatawan di Momen Libur Lebaran Pantai Pulau Merah, salah satu ikon wisata di Banyuwangi. (Foto: CNN Indonesia/Ardita Mustafa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagai salah satu daerah yang padat dengan agenda pariwisata, Kabupaten Banyuwangi tidak menyiakan momen libur lebaran tahun 2018. Setidaknya sudah ada tiga acara besar yang disapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi untuk menyambut wisatawan maupun diaspora.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, M.Y Bramuda, mengatakan festival Barong Idher Bumi, Seblang Olehsari, dan Puter Kayun adalah tiga acara besar yang akan berlangsung selama libur lebaran.

"Barong Idher Bumi akan berlangsung pada taggal 2 syawal (16 Juni), kemudian Seblang Olehsari akan berlangsung pada tanggal 7 syawal (21 Juni)  selama tujuh hari burturut-turut. Sedangkan Puter Kayun akan berlangsung pada 24 Juni," ujar pria yang akrab disapa Bram, saat dibuhungi CNNIndonesia.com via telepon, Selasa (12/6).


Menteri Pariwisata Arief Yahya, ia melanjutkan, dijadwalkan akan menghadiri Festival Barong Idher Bumi.

Menurut Bram ketiga acara itu syarat dengan unsur kearifan lokal, terlepas dari legenda yang menyelimutinya. Itu sebabnya acara-acara tersebut selalu diselenggarakan dan dikemas dengan menarik, untuk menarik minat ribuan wisatawan.

Tak hanya ketiga acara itu, pihak pemkab Banyuwangi juga melakukan langkah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di lokasi wisata ungguan Banyuwangi, seperti Kawah Ijen, Pantai Pulau Merah, Pantai Sukamade, dan Gringsing underwater.

"Penerbangan ke Banyuwangi sudah penuh, sedangkan kalau hotel sudah 98 persen terisi. Sehingga saat ini wisatawan diarahkan untuk menginap di homestay. Bahkan sudah ada beberapa penduduk yang berinisiatif mengondisikan rumahnya untuk diinapi oleh para wisatawan," ujar Bram. (ard)