Mengeksplorasi Sukabumi di Musim Libur Lebaran

agr, CNN Indonesia | Jumat, 15/06/2018 12:57 WIB
Mengeksplorasi Sukabumi di Musim Libur Lebaran Presiden Joko Widodo dan rombongan saat berwisata ke Sukabumi. (Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Meskipun Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) baru dibuka sepanjang 15 kilometer, dari 53 kilometer yang direncanakan, namun militansi warga Sukabumi untuk menuju kampung halamannya, yang berjarak sekitar 107 kilometer dari Jakarta, tidak pernah surut.

Hal itu tidak mengherankan mengingat Sukabumi dianugerahi beragam objek wisata, khususnya alam, yang jumlah tidak sedikit. Geopark Ciletuh di Sukabumi bagian Selatan adalah salah satu contoh objek wisata yang sudah diakui dunia. Namun selain itu, masih banyak lokasi wisata alam di Sukabumi yang layak disambangi untuk mengisi musim libur lebaran.

1. Karang Para


Tempat wisata ini berada di Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunung Guruh. Jika diukur dari pusat kota Sukabumi, jaraknya hanya sekita 10 kilometer.

Hal yang menjadikan Karang para istimewa adalah berdiri di atas bebatuan karst dengan ornamen yang sangat unik. Tak heran jika di tempat ini langsung dibuat beragam spot foto demi destinawi wisata yang instagramable.

2. Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Bagi yang sudah tidak tahun untuk 'menyatu' dengan alam, Taman Nasional Gunung Halimun Salak bisa menjadi piihan tepat untuk disambangi saat musim libur lebaran.

Taman Nasional yang memiliki luas lebih dari seluas 113 ribu hektare ini, punya banyak pilihan untuk wisata alam seperti air terjun, hutan pinus, dan sungai.

Bahkan bumi perkemahan pun tersedia di tempat ini jika wisatawan ingin menikmati liburan bersama keluarga.

3. Goa Buniayu

Kawasan wana wisata Buniayu, Sukabumi, adalah yang salah satu yang terlengkap. Mulai dari penulusuran goa horisontal, goa vertikal, air terjun Bibijilan, merasakan kehidupan masyarakat sekitar goa (sekaligus bermalam di rumah penduduk), hingga berkemah sambil menghirup udara segar di antara pohon -pohon pinus.

Bahkan di tempat yang hanya berjarak 17,5 kilometer dari pusat koa sukabumi ini, terdapat sebuah museum bawah tanah.

4. Situ Gunung

Situ Gunung merupakan sebuah kawasan wisata danau yang ada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, tepatnya di kecamatan Kadudampit atau sekitar 16 kilometer dari Kota Sukabumi.

Di tempat ini wisatawan bisa menyusuri danau dengan perahu, berkemah, memancing, atau hanya sekadar makan bersama keluarga di tepi danau.

5. Kampung Adat Kasepuhan Ciptagelar

Tempat ini berada di wilayah Kampung Sukamulya Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Jarak Kampung Ciptagelar ke kota Sukabumi sekitar 103 Km.

Perlu perjuangan ekstra untuk menuju ke lokasi ini karena jalanannya terjal dan sempit, namun ketika menapakkan kaki di Kampung Adat Kasepuhan Ciptagelar pemandangan yang asri dan adat istiadat yang kental seakan membayar lunas jerih payah.

6. Curug Cikaso

Jika ingin merasakan sensasi petualangan, ada baiknya untuk mengunjungi Curug Cikaso yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Ujung Genteng atau sekitar 100 kilometer dari pusat kota Sukabumi.

Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi dengan kolam berwarna hijau kebiruan di bawahnya.

Untuk sampai ke lokasi, pengunjung bisa memilih petualangannya antara berjalan kaki ataupun menaiki perahu kecil melalui jalan sungai yang diantar oleh masyarakat setempat. (ard)