Resep Makanan Enak untuk Teman Ketupat Saat Lebaran

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Kamis, 14/06/2018 19:59 WIB
Resep Makanan Enak untuk Teman Ketupat Saat Lebaran Foto: CNN Indonesia/Ranny Virginia Utami
Jakarta, CNN Indonesia -- Opor ayam dan sayur labu memang jadi teman sempurna untuk ketupat saat menyambut tamu di hari Lebaran. 

Namun ini tak berarti kalau ketupat tak punya pasangan sejati selain opor ayam, sayur labu santan, sambal goreng kentang, sampai rendang sapi. Terkadang sambal goreng krecek juga disediakan di beberapa keluarga. Semua enak dan cocok disantap bersama-sama. 

Akan tetapi jika ingin sajian Lebaran yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, ada beberapa makanan teman santap ketupat yang tak kalah enak dibanding aneka sajian biasanya. 



Berikut beberapa makanan lain teman ketupat yang enak. 

1. Gulai paku
Jangan terjemahkan ini dengan arti paku yang sebenarnya. Namun dalam bahasa warga Sumatera Barat, paku berarti daun pakis. Daun pakis ini bisa diolah dengan tambahan santan dan aneka bumbu di dalamnya. 

Gulai paku ini juga biasa disajikan sebagai sayur kuah dalam sajian lontong sayur padang. Selain paku, cubadak atau nangka muda juga biasa dicampur di dalamnya jadi satu. Jangan lupa tambahkan kerupuk merah di atasnya untuk menambah kelezatan sayur pakis ini. 

Berikut ini resep gulai paku untuk Anda:

2. Opor telur
Jika opor ayam sudah terlalu biasa untuk menemani sajian ketupat Anda, opor telur bisa jadi alternatif yang tak kalah lezat. Jika ingin yang lebih kreatif, alih-alih membuat opor telur rebus, opor telur juga bisa dibuat dari telur goreng mata sapi. 

Jika tertarik untuk membuat opor telur rebus, berikut resep opor telur yang bisa ditiru.


3. Laksa ayam
Sajian bersantan memang nikmat untuk tambahan makan ketupat. Laksa ayam juga bisa jadi teman ketupat yang lezat saat Lebaran. Sajikan laksa ayam suwir dengan tambahan toge yang renyah dan juga bihun. 

Namun hati-hati, jangan terlalu banyak menambahkan bihun ke dalamnya karena Anda akan menggantikannya dengan irisan ketupat.

Ini resep laksa ayam untuk Anda.

4. Ketupat beras merah
Untuk menurunkan kalori karbohidrat dalam ketupat, Anda bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah. Gunakan beras merah untuk membuat ketupat. 

Rasanya tak kalah nikmat, namun kalorinya berbeda dengan ketupat biasa. 

Berikut resep ketupat beras merah.

ilustrasi ketupatFoto: ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko
ilustrasi ketupat


5. Gulai kurma 
Mungkin Anda bingung mengapa kurma bisa dijadikan sayur atau gulai. Tenang, ini bukan kurma dalam arti sebenarnya. 

Gulai kurma yang dimaksud adalah gulai kambing. Meski demikian, gulai kambing ini juga termasuk sajian istimewa untuk jadi 'kuah' dan daging dalam sepiring ketupat kenyal. 

Berikut resep gulai kurma untuk Anda. 

6. Sayur lodeh
Sayur lodeh mungkin terkesan biasa karena kerap dimasak dan disajikan di hari-hari biasa. Namun ini tak berarti kalau sayur lodeh bukan sayuran yang pas untuk disajikan sebagai hidangan Lebaran. 

Berikut resep sayur lodeh istimewa untuk Anda dari Sisca Soewitomo. 

7. Kari kambing
Selain gulai kambing, kari kambing juga tambahan yang pas untuk ketupat Lebaran. Kari kambing yang kental dan daging yang empuk akan membuat ketupat terasa lebih mantap dan nikmat. 

Ini resep kari kambing untuk sajian Anda saat Lebaran.


(chs/chs)