Hari Yoga Internasional

4 Gerakan Yoga Asana buat Turunkan Berat Badan

CNNIndonesia, CNN Indonesia | Jumat, 22/06/2018 05:25 WIB
4 Gerakan Yoga Asana buat Turunkan Berat Badan Beberapa gerakan yoga dapat efektif menurunkan berat badan, dari gerakan memberi salam pada matahari (suryanamaskar) hingga dandasana. (Ilustrasi/Foto: jeviniya/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bertepatan dengan peringatan Hari Yoga Internasional yang jatuh pada hari ini, Kamis (21/6), publik merayakan manfaat dari gerakan yoga. 

Jika selama ini, banyak orang beranggapan bahwa yoga adalah olah raga pasif yang tak mampu menurunkan berat badan, anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Karena, walaupun yoga tidak melibatkan gerakan-gerakan berat, seperti gerakan aerobik yang serba cepat, aktivitas kebugaran satu ini tetap dapat membantu membakar lemak dengan cepat.

Pooja Duggal, pendiri HealthHunt pernah mengatakan bahwa yoga bekerja tidak hanya di tubuh, melainkan juga dalam pikiran manusia.



"Ini (yoga) membantu meningkatkan fleksibilitas dalam tubuh, meningkatkan konsentrasi, dan yang lebih penting melepaskan stres," ungkapnya dikutip dari Hindustantimes.

Oleh karenanya, jika seseorang berencana untuk menurunkan berat badan, tidak ada metode yang paling efektif selain yoga.

"Bukti keefektifannya ada pada para yogi yang ramping dan sehat selama berabad-abad, tren yoga untuk menurunkan berat badan seperti hot yoga dan hath yoga semua beranjak dari bentuk gerakan tradisional yoga," kata Dr Pratap Chauhan, direktur Jiva Ayurveda menambahkan. 

Namun, melakukan yoga secara teratur saja tidak cukup. Seseorang juga harus mengikuti mitahara (makan terukur) yang berbeda dengan diet. Seseorang diharuskan untuk makan sebagai bentuk pengabdian pada tubuh sebagai kuil. 

Jadi, apa gerakan yoga asana terbaik untuk menurunkan berat badan? Bagaimana mendapatkan pose yang benar?


Manoj Kutteri, direktur Health and Wellness Resort Atmantan di India, menuturkan setidaknya ada empat gerakan yoga asana yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. Berikut di antaranya:

1. Suryanamaskar (salam matahari)

Terdiri dari beberapa gerakan, yang dimulai dengan pose berdoa, kemudian lengan perlahan-lahan diangkat ke belakang. Setelah itu kedua tangan diarahkan ke bawah untuk menyentuh kaki, lalu pose berkuda dengan kepala menengadah ke atas.

Berikutnya, lanjutkan dengan pose gunung, lalu pose kobra, selanjutnya kepala ditengadahkan lagi ke atas dengan kaki lurus ke belakang. Akhiri gerakan ini dengan kembali ke pose gunung hingga kembali berdiri dengan pose berdoa. Menurut Kutteri, ini adalah cara yang bagus untuk mempercepat metabolisme, melancarkan pencernaan dan memperkuat otot perut. 

4 Gerakan Yoga Asana buat Turunkan Berat BadanFoto: CNN Indonesia/Tabayyun Pasinringi



2. Naukasan (pose perahu)

Berbaring dengan menyatukan kedua kaki. Taruh tangan di paha atau di atas lantai. Dalam sekali gerakan, angkat kaki, tangan, dan kepala membentuk sudut 30 derajat sambil tarik nafas. "Asana ini menguatkan otot perut dan membantu mengurangi lemak di perut," kata Kutteri.

4 Gerakan Yoga Asana buat Turunkan Berat BadanFoto: CNN Indonesia/Safir Makki

3. Paschimottanasan (kepala ke kaki) 

Duduk dengan kaki terentang, tarik napas dan angkat lengan di samping telinga. Tarik pusar ke dalam, regangkan tulang belakang ke depan dari pinggul. Berusahalah untuk memegang jari-jari kaki dengan tangan, tekuk siku ke bawah. Menurut Kutteri, pose ini membantu memanjangkan tulang belakang dan memberikan peregangan yang baik. 

4 Gerakan Yoga Asana buat Turunkan Berat BadanFoto: CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti



4. Dandasana (plank pose) 

Gerakan ini kerap jadi salah satu aktivitas di pusat kebugaran atau gym. Berbaringlah dengan pose tengkurap, kemudian masuk ke posisi push up. Tarik napas dan angkat tubuh dari lantai, dengan jari kaki dan tangan. Kencangkan otot perut. Tahan pose ini dengan 5-7 napas normal. "Pose ini merupakan cara yang sangat baik untuk membantu membakar lemak dan kalori dari perut," kata Kutteri. (bel/rah)