Menjelajahi Alam Papua Barat

ANTARA, CNN Indonesia | Selasa, 10/07/2018 14:18 WIB
Menjelajahi Alam Papua Barat Salah satu kawasan hutan di Provinsi Papua Barat. (Foto: CNN Indonesia/Rinaldy Sofwan Fakhrana)
Jakarta, CNN Indonesia -- Provinsi Papua Barat menjadi daerah yang memiliki hutan tropis terluas di Indonesia, bahkan diperkirakan menjadi yang terluas di dunia.

Belum lama ini Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Papua Barat, Charlie Heatubun, mengatakan luas hutan tropis di Papua Barat mencapai 9.730.550 hektare, atau 90 persen dari luas wilayah provinsi ini. Papua barat memiliki luas wilayah sekitar 143.076 kilometer.

"Papua Barat menjadi new Champion sebagai daerah yang memiliki hutan tropis terluas dan masih cukup terjaga," kata Charlie, seperti yang dikutip dari Antara, Jumat (6/7).


Ia menceritakan pekan lalu Gubernur Papua Barat menghadiri kegiatan seminar di Norwegia. Pada kegiatan tersebut, Charlie melanjutkan, gubernur memaparkan ketersediaan hutan dan konsep pembangunan berkelanjutan sedang dilaksanakan.

Gubernur pada kesempatan itu, ia melanjutkan, menyatakan komitmen pemerintah daerah serta masyarakat adat untuk menjaga dan memanfaatkan hutan secara lestari.

"Dari kegiatan seminar di Norwegia, Papua Barat kini menjadi sorotan negara-negara sahabat. Ini menjadi awal yang baik untuk kesuksesan kegiatan konferensi serta pelaksanaan pembangunan berkelanjutan di Papua Barat," katanya.

Dari seminar tersebut, ia menambahkan, akan ada banyak kerjasama yang terjalin dengan sejumlah negara dan lembaga donor luar negeri.

Kerjasama ini diarahkan pada upaya optimalisasi pengelolaan potensi sumber daya alam melalui konsep pembangunan berkelanjutan.

Hutan di Provinsi Papua Barat terbagi atas beberapa kawasan yaitu; hutan lindung (sekitar  1,6 juta hektare), hutan konservasi (sekitar  1,7 juta hektare), areal peruntukan Lain (sekitar  342 ribu hektare), dan hutan produksi (sekitar 6,03 juta hektare).

Kawasan hutan ini terdiri dari berbagai tipe hutan mulai dari hutan mangrove, hutan pantai, hutan rawa, hutan dataran rendah sampai hutan pegunungan rendah.

Ragam atraksi wisata alam di Papua Barat

Tak hanya kawasan hutan tropis, salah satu daerah yang menjadi primadona untuk sektor pariwisata di Papua Barat adalah Kabupaten Raja Ampat. Tempat ini terkenal akan wisata baharinya, panorama bawah lautnya disinyalir sebagai salah satu yang terindah di dunia.

Mengutip dari skyscanner, terumbu karang di perairan Raja Ampat dinilai sebagai yang terlengkap di dunia. Karena dari 537 jenis karang yang ada di dunia ini, 75 persennya berada di perairan ini.

Selain Raja Ampat, wilayah lain di Papua Barat yang tidak kalah memesona adalah kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih, Teluk Wondama. Tempat ini cukup tersohor di kalangan pecinta kegiatan diving.

Seperti enggak kalah dengan predikat hutan tropis, taman nasional laut ini merupakan yang terluas di Indonesia, yang 89,8 persen wilayahnya merupakan wilayah perairan lautan. Tercatat ada sekitar 209 jenis ikan yang menghuni kawasan ini.

Selain itu, terdapat empat jenis penyu yang sering mendarat di taman nasional ini yaitu penyu sisik, penyu hijau, penyu lekang dan penyu belimbing.

Jika tidak ingin beranjak jauh dari pusat kota, Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Meja yang terletak di pusat kota Manokwari siap memanjakan para pecinta alam.

Ada ratusan jenis pohon, puluhan jenis perdu, semak, liana, paku, serta tanaman herbal. Beberapa jenis anggrek, palem, dan rotan juga hidup di sini.

Tempat ini memiliki fungsi untuk pariwisata alam, perlindungan sistem penyangga kehidupan dan pengawetan keragaman jenis tumbuhan, satwa dan keunikan alam. (agr)