Tren Fesyen dan Aksesori Sporty nan Elegan Makin Diminati

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Kamis, 30/08/2018 10:02 WIB
Tren Fesyen dan Aksesori Sporty nan Elegan Makin Diminati ilustrasi jam tangan (Tookapic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jam tangan bergaya sporty namun elegan semakin diminati pasar. Jam tangan ini dinilai bisa digunakan dalam banyak kesempatan mulai dari beraktivitas fisik hingga acara semi-formal.

Presiden jam tangan mewah Breitling untuk kawasan China dan Asia Tenggara, Alvin Soon mengungkap penjualan jam tangan sporty yang elegan meningkat pesat dalam beberapa waktu terakhir.

"Ini sesuatu yang besar di Indonesia, karena tren yang menarik. Dengan mudahnya tumbuh 40 persen dalam kurun waktu setahun, tertinggi dalam 34 tahun terakhir. Fenomena ini terjadi di seluruh dunia dan juga di Breitling," kata Alvin saat berbincang dengan CNNIndonesia.com di Plaza Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu.



Alvin menjelaskan terdapat dua tipe jam tangan sporty yakni jam tangan sporty untuk profesional dan jam tangan sporty yang elegan.

Jam tangan sporty profesional kebanyakan digunakan atlet saat berolahraga. Jam tangan ini memiliki banyak fitur pendukung bagi pemakai dalam menjalankan aktivitasnya. Seperti stopwatch dan timer yang akurat. Jam tangan ini juga didesain ringan dan tidak mengganggu pemakai dalam beraktivitas.

Sedangkan jam tangan sporty yang elegan cenderung merupakan perpaduan antara jam tangan formal dan bergaya sporty. Jam tangan jenis ini biasanya berdesain besar yang dipadukan dengan aneka tali. Jam ini cocok digunakan dalam banyak kegiatan dan umumnya untuk semua jenis kelamin.

"Anda bisa memakai kaus atau kemeja. Perubahan gaya hidup yang semakin aktif membuat jam tangan ini semakin diminati," tutur Alvin.

Di Indonesia, Alvin menyoroti masyarakat menerima perkembangan jam tangan yang sporty. Pasalnya, hampir 100 persen penjualan jam tangan itu dibeli oleh masyarakat lokal.

"Yang menarik di Indonesia ini sangat uni. Sebanyak 99,99 persen jam dibeli oleh lokal, bukan turis. Ini artinya budaya dan gaya hidup orang Indonesia sangat menerima jam tangan sporty," ucap Alvin.


Tren fesyen sporty

Tren gaya fesyen sporty bukan hanya terjadi di dunia jam tangan, tapi juga di bagian fesyen secara umum. Hal ini bukan cuma terjadi karena selebrasi Asian Games 2018 saja, namun tren fesyen sporty sudah 'berkibar' sebelum itu. 

Brand-brand fesyen dunia pun beramai-ramai membuat gaya busana dengan sentuhan yang sporty. Tak cuma fesyen tapi juga aksesorinya, seperti kacamata, high heels sporty, bahkan sampai tata rambut. 

"Sekarang ini semua hal yang sporty tak cuma diminati oleh atlet saja tapi juga masyarakat umum. Bahkan banyak dari mereka yang enggak malu untuk pakai aksesori sporty untuk jalan ke mal atau hangout," kata Rhino Madewa, Asistant Marketing Manager Optik Seis kepada CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu. 

Ricky Safir, Oakley Sport Marketing Manager mengatakan bahwa ada banyak permintaan untuk menggabungkan fungsi aksesori sport dalam kemasan yang stylish.


(chs/chs)