Kibasan Tutu Serena Williams Hapus Gejolak Baju Black Panther

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Rabu, 29/08/2018 10:28 WIB
Kibasan Tutu Serena Williams Hapus Gejolak Baju Black Panther Busana one shoulder dan tutu Serena Williams di US Open. (Robert Deutsch-USA TODAY Sports)
Jakarta, CNN Indonesia -- Serena Williams bukan hanya sekadar pemain tenis biasa. Selain teknik permainannya yang memukau, sahabat Meghan Markle ini juga punya selera fesyen yang menarik.

Gaya fesyen menariknya terlihat dari pemilihan kostum tenisnya di US Open.

Serena Williams justru menggunakan baju tennis one shoulder dengan tutu hitam. Baju ini merupakan koleksi dari Virgil Abloh, sang desainer Louis Vuitton dan Off White yang bekerja sama dengan Nike dan Serena Williams untuk koleksi Queen.



Selain memadukan one shoulder dengan tutu, istri dari co-founder Reddit Alexis Ohanian ini juga memadukan tampilannya dengan sneaker tenis berkilau berwarna perak. Sebelum beraksi di lapangan, dia bahkan juga menambahkan aksen jaket kulit hitam dengan tas tenis 'matching' yang bertuliskan "AKA QUEEN"

Outfit one shoulder dan tutu ini menjadi jawaban telak dari Serena Williams kepada federasi tenis setelah outfit ala Black Panthernya jadi kontroversi.

Dikutip dari Time, dalam pertandingan di French Open 2018 lalu, Serena Williams menjadi pembicaraan karena memakai catsuit. Catsuit adalah busana terusan ketat (celana, bukan rok) yang menutupi seluruh tubuh dari leher sampai kaki. Biasanya catsuit dibuat dari material yang stretch (melar) sesuai dengan bentuk tubuh pemakainya.

Video, majalah, dan internet pun memperhatikan tubuh Serena yang dibungkus catsuit. Kontroversi pun makin merebak saat Presiden Federasi Prancis Bernard Giudicelli mengatakan kepada Tennis Magazine bahwa catsuit yang dipakai Serena di tahun ini tak bisa diterima lagi di Rolland Garos.

catsuit Serena WilliamsFoto: REUTERS/Christian Hartmann TPX IMAGES OF THE DAY
catsuit Serena Williams

"Saya pikir kita terkadang pergi terlalu jauh," katanya dikutip dari Vox.

"Kombinasi (pakaian) Serena contohnya, itu tak akan lagi diterima. Anda harus menghormati permainan dan tempatnya."

Keputusan pelarangan penggunaan catsuit di lapangan tenis ini pun menuai banyak reaksi. Sebenarnya sebelum Serena, dalam sejarah tenis ada beberapa pemain tenis yang memakai catsuit sebagai busana untuk permainannya.


Hanya saja, ini juga bukan pertama kalinya busana pemain tenis baik laki-laki atau perempuan menjadi kontroversi. Dalam tenis, pilihan busana atlet kerap menjadi sumber konflik. Sepanjang sejarah tenis, tren busana dari waktu ke waktu memang memengaruhi gaya busana atlet.

Namun legenda tenis Billie Jean King dan Chris Evers membela Serena.



Serena sendiri mengaku tak kecewa dengan pelarangan catsuit tersebut. Namun dia mengungkapkan alasannya untuk memilih catsuit saat pertandingan. Dia menyebut alasan kesehatan menjadi alasan utama memilih catsuit.

"Tentu saja grand slams punya hak untuk mengatakan apa yang mereka inginkan, tapi saya merasa jika dan ketika atau jika mereka tahu bahwa ini semua untuk alasan kesehatan maka bukan tidak mungkin mereka akan setuju dengan itu (catsuit)," kata Serena dikutip dari Time.

Serena mengatakan bahwa dia menggunakan celana panjang untuk mencegah penggumpalan darah yang dialaminya setelah melahirkan putri pertamanya Alexis Olympia Ohanian tahun lalu. (chs)