9 'Rahasia' Terkait Pesawat, Pilot dan Pramugari

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 07/08/2018 15:08 WIB
9 'Rahasia' Terkait Pesawat, Pilot dan Pramugari Ilustrasi. Niloofar Rahmani, pilot wanita pertama di Afghanistan. (AFP PHOTO / SHAH MARAI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seringnya seseorang melakukan penerbangan bakal membuat dirinya semakin akrab dengan simbol-simbol dalam kabin pesawat. Berikut ini sejumlah fakta menariknya, seperti yang dikutip dari Travel and Leisure:

1. Masker Oksigen

Dikutip dari wawancara Huffington Post dengan dokter bedah Angkatan Udara Amerika Serikat, masker oksigen hanya bertahan 15 menit.


Jangan khawatir, karena pilot hanya akan mengeluarkannya jika mengetahui penumpang bisa bebas bernapas setelah tak lagi mengenakannya. Tapi ingat untuk memakainya dengan cepat.

2. Bel Kabin

Suara bel yang diperdengarkan di kabin biasanya mengawali informasi penerbangan yang diberikan pilot atau pramugari. Namun terkadang bel dibunyikan tanpa adanya percakapan.

Mengutip tulisan dari blog maskapai Quantas Airlines dijelaskan bahwa bel kabin tanpa percakapan merupakan sinyal antar awak kabin tanpa ingin membuat khawatir penumpang; mulai dari menyediakan makanan, bersiap turbulensi, sampai masalah lainnya.

3. Meninggal dan Melahirkan

Kasus meninggalnya penumpang di dalam penerbangan bisa saja terjadi. Jika ini terjadi, hanya penumpang atau awak kabin yang bersertifikat dokter yang bisa menyatakan waktu kematiannya.

Kalau tak ada dokter, maka jenazah hanya akan ditutupi selimut dan didudukkan di bangku.

Namun pramugari biasanya terlatih untuk membantu penumpang yang melahirkan.


4. Kunci

Kamar mandi pesawat bisa saja dikunci dari luar oleh awak kabin, salah satunya untuk "mengurung" penumpang nakal yang dikhawatirkan mengganggu jalannya penerbangan.

Kunci dari luar ini biasanya berada tersembunyi di bawah tulisan dilarang merokok pada pintu.

5. Lampu Redup

Pilot biasanya meredupkan lampu kabin--terutama saat terbang dan mendarat serta saat malam, karena masa itu bisa dibilang masa kritisnya keselamatan penerbangan.

Peredupan lampu dimaksudkan agar penumpang membiasakan matanya melihat kegelapan jika situasi darurat benar terjadi.

6. Kuasa Pilot

Pilot merupakan orang yang paling berkuasa di dalam kabin pesawat selama penerbangan. Jadi jangan coba-coba melawan arahan beliau.

Pilot bisa saja meminta awak kabin mengurung penumpang di kamar mandi, memberikan denda atau hukuman lainnya selama pintu kabin tertutup dan pesawat mengudara di angkasa.


7. Meja Lipat

Menurut pengakuan pramugari yang diwawancara oleh Huffington Post, meja lipat di bangku kabin merupakan tempat terjorok di dalam pesawat karena sering luput dari pembersihan.

Pramugari tersebut mengimbau penumpang untuk mengelap meja dengan tisu basah sebelum memggunakannya.

8. Tidak Ada Pesta

Setelah mendarat awak kabin biasanya diistirahatkan di hotel. Namun mereka dilarang berpesta dan wajib tidur tepat waktu.

Peraturan ini diterapkan agar awak kabin selalu siaga melayani penumpang dan waspada dalam keadaan darurat.

9. Bukan Sekadar Rupawan

Pramugari atau pramugara biasanya berwajah rupawan. Tak sedikit penumpang yang merasa mereka hanya bermodalkan tampang, namun masuk ke program perekrutan bahkan disebut lebih susah ketimbang masuk ke Universitas Harvard.

Data yang dimiliki maskapai penerbangan Delta menunjukkan bahwa pada tahun 2016 hanya 1 persen awak kabin yang berhasil diterima dari total sebanyak 150 ribu orang yang mendaftar.

Sementara di tahun yang sama jumlah penerimaan di Harvard sebanyak 5,2 persen.

(ard)