5 Fakta Kondom Tak Ganggu Kenikmatan Bercinta

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Rabu, 15/08/2018 23:39 WIB
5 Fakta Kondom Tak Ganggu Kenikmatan Bercinta ilustrasi kondom (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Edukasi seks selalu menekankan pentingnya hubungan intim yang aman dengan penggunaan kondom.

Selain sebagai alat kontrasepsi, kondom juga menjauhkan pasangan dari penyakit menular seksual (PMS).

Namun kenyataannya sebagian besar pasangan memilih untuk tidak menggunakan kondom karena mengurangi kesenangan saat bercinta.


Dilansir dari Female First, ahli seks dari Lovehoney, Annabelle Knight memberikan lima fakta bahwa kondom tak ganggu kenikmatan bercinta.

1. Kuncinya ada pada pelumas
Kondom dianggap tak nyaman saat digunakan dan mengurangi kenikmatan bercinta akibat tak ada sentuhan kulit dengan kulit. Sebenarnya hal ini tak perlu jadi masalah sebab kunci penggunaan kondom adalah lube alias pelumas.

Meskipun kondom sendiri sudah memiliki pelumas, tak ada salahnya menambahkannya lagi. Pelumas menjaga permukaan tetap licin sehingga tak ada rasa sakit dan menghindari kondom nyangkut.



2. Kondom bikin bercinta lebih 'tahan lama'
Rata-rata pria akan mengalami orgasme setelah dua menit bercinta. Berbeda dengan pria, rata-rata wanita mengalami orgasme setelah 5-13 menit. Hal ini membuat 'jurang' waktu yang dalam antara orgasme pria dan wanita, apalagi jika pria mengalami ejakulasi prematur.

Penggunaan kondom dianggap dapat menutup perbedaan waktu orgasme antara pria dan wanita. Otomatis, ada kesempatan untuk pria dan wanita orgasme secara bersamaan.

3. Sensasi beda dengan kondom bertekstur
Anggapan bahwa kondom memangkas sensasi bercinta bisa luntur berkat penggunaan kondom bertekstur.

Kini di pasaran banyak beredar kondom yang memiliki tekstur bahkan aroma yang menarik. Bahkan penggunaan kondom dengan tekstur dapat memijat dinding vagina dan menimbulkan sensasi berbeda.

4. Riset ungkap bercinta dengan kondom pun menyenangkan
Sebuah riset yang diterbitkan di Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa bercinta dengan kondom atau tidak dengan kondom kurang lebih sama menyenangkannya. Riset melibatkan lebih dari seribu orang dewasa yang aktif secara seksual. Mereka dipisah ke dalam dua grup antara pemakai kondom dan nonpemakai kondom.

Faktanya, kesenangan dalam bercinta bukan melulu soal tidak pakai kondom. Riset melaporkan bahwa tak ada perbedaan terkait pencapaian klimaks baik pemakai maupun nonpemakai kondom yakni sekitar 93-96 persen pria dilaporkan mencapai klimaks sedangkan wanita 64-72 persen.

Bicara soal rangsangan, pria pemakai kondom dan nonpemakai kondom sebenarnya sama saja. Rangsangan seksual mereka sama dengan catatan pria pemakai kondom juga menggunakan pelumas. (chs)