Bora Bora, Surga Bulan Madu di Sudut Pasifik

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 04/09/2018 15:27 WIB
Bora Bora, Surga Bulan Madu di Sudut Pasifik Bora-bora, salah satu lokasi favorit utuk bulan madu. (Foto: Istockphoto/TriggerPhoto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pulau Bora Bora berada di perairan French Polynesia yang berbatasan dengan Samudera Pasifik. Pulau indah seluas 30,55 km persegi ini menjadi destinasi wisata bulan madu bagi turis berduit dan selebriti dunia.

Tempat penginapan pertama beroperasi di sana pada 40 tahun yang lalu. Sejak saat itu pulau yang memiliki pemandangan langsung ke Gunung Otemanu ini selalu ramai didatangi turis.


Untuk menuju Pulau Bora Bora, pesawat turis dari Tahiti akan mendarat di Pulau Motus, pulau kecil yang memiliki bandara dan pelabuhan menuju Pulau Bora Bora.


Dibangun sebagai landasan udara oleh pasukan AS saat Perang Dunia II, bandara kecil ini mengakomodasi beberapa penerbangan pesawat kecil.

[Gambas:Instagram]

Kebanyakan resor di Bora Bora tak bisa dicapai melalui perjalanan darat, sehingga perjalanan umumnya ditempuh dengan perahu motor.

Sebagian besar resor memiliki perahu motor pribadi yang akan menjemput tamu Pulau Motus.

Layanan taksi atau mobil sewaan tersedia di Bora Bora, begitu pula dengan sistem angkutan umum Le Truck yang beroperasi di sekitar jalan utama yang mengelilingi pulau.

Helikopter juga dapat disewa untuk menjelajahi pulau melalui udara.


Bora Bora tidak memiliki kota, namun desa terbesar dan pelabuhan utamanya adalah Vaitape.

Di sini berbagai toko mutiara kelas atas, meliputi OPEC, Tahia Collins dan Robert Wan berdiri di sepanjang tepi pantai.

Begitu pula dengan pasar-pasar kerajinan tangan yang menjual perhiasan, suvenir mutiara, kerainan kayu maupun minyak-minyak lokal dengan harga yang lebih terjangkau.

Toko-toko di Bora Bora umumnya beroperasi pada hari kerja mulai pukul 07.30 hingga 17.30 dan setengah hari di hari Sabtu.

[Gambas:Instagram]

Di hari Minggu, toko-toko yang beroperasi hanya terletak di hotel dan resor.

Sebagian besar kegiatan di Bora Bora melibatkan lautan, seperti dua jam petualangan jetski, kegiatan memberi makan ikan hiu dan ikan pari hingga kegiatan snorkeling menikmati terumbu karang.

Beberapa resor menawarkan aktivitas romantis bagi pasangan yang datang untuk berbulan madu, seperti berlayar menggunakan kapal pesiar untuk menyaksikan matahari terbenam, lengkap dengan suguhan minuman koktail sampai makan malam.

Resor di sini juga berbentuk vila lengkap dengan kolam renang dan akses langsung ke lautan dengan ombak yang tenang.

Musim turis di pulau ini berlangsung mulai dari bulan Mei sampai Oktober.

Jika sedang menghemat, waktu terbaik menuju Pulau Bora Bora ialah pada bulan November sampai April.

Walau ada ancaman mendung, namun biaya berwisata bakal lebih murah karena bukan musim turis.

(fey/ard)