5 Cara Liburan sambil Menghasilkan Uang

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 04/09/2018 11:53 WIB
5 Cara Liburan sambil Menghasilkan Uang Ilustrasi. (Foto: Unsplash/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejak beberapa tahun terkahir, pariwisata berada di puncak perhatian publik dunia. Tidak sedikit orang yang menghabiskan waktu dan uangnya untuk berwisata, namun cukup banyak juga orang yang menghasilkan uang dari pariwisata.

Banyak cara menghasilkan uang sembari bepergian, khususnya ke luar negeri. Salah satu yang paling mudah membuat video blog atau vlog. Vloging biasanya mengulas sebuah destinasi atau atraksi wisata, kemudian diunggah ke situs youtube dan diuangkan atau monetizing.

Selain vloging, ada beberapa cara lain menghasilkan uang lewat kegiatan liburan atau wisata. Mengutip dari skyscanner, berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang sembari berlibur.


Mengurus visa untuk bekerja dan liburan

Beberapa negara seperti Kanada, Australia, Selandia Baru, dan Jepang mengizinkan warga negara lain untuk bekerja di pasar tenaga kerja lokal.

Orang-orang tersebut bisa mengambil pekerjaan paruh waktu, atau pekerjaan dengan jangka waktu yang lebih panjang selama tidak tinggal melebihi batas waktu visa.

Caranya mudah, cukup mengurus visa bekerja liburan (working holiday visas) di beberapa instansi terkait. Beberapa kegiatan yang termasuk dalam liburan berbayar (paycation) favorit adalah memetik anggur, bertani, dan bekerja di hotel-hotel untuk pelancong muda.

Menulis cerita perjalanan

Jika memiliki kemampuan menulis atau mempunyai cerita yang menarik untuk ditulis, tawarkan ide tulisan ke majalah atau situs-situs yang berkaitan dengan cerita tersebut. Namun jangan sungkan untuk memulainya dengan menulis di blog pribadi.

Menjual foto

Jika bisa memadukan ISO, aperture, dan speed dari sebuah perangkat kamera maka ada kemungkinan untuk menghasilkan uang dari menjual foto-foto tersebut. Untuk pemula, ada beberapa situs lokal atau maupun internasional yang memungkinkan fotografer untuk mengunggah hasil karyanya, dan menyebarkannya ke seluruh dunia.

5 Cara Liburan dan Menghasilkan Uang Sampai saat ini, menjual foto perjalanan adalah salah satu cara mujarab menghasikan uang. (Foto: Meditations/Pixabay)

Mengajar bahasa Indonesia

Tak bisa dipungkiri jika Bahasa Indonesia memegang peranan penting dalam beragam sektor, itu sebabnya peminat yang ingin mempelajari bahsa Indonesia pun cukup tinggi. Ada beberapa negara, seperti Australia atau Korea Selatan yang mencari tenanga pengajar bahasa Indonesia melalui beragam organisasi.

Menjadi instruktur selam

5 Cara Liburan dan Menghasilkan Uang Menyelam bisa menjadi kegiatan yang menghasilkan uang. (Foto: Detik/Kamal Shahab)


Siapa biang jika hobi yang mahal ini tidak bisa menghasilkan uang, faktanya menyelam juga bisa menghasilkan selama memiliki sertifikat untuk melatih. Banyak destinasi wisata di dunia yang membutuhkan instruktur penyelam, contohnya Fiji, Mauritania, Filipina, Thailand, Selandia Baru, dan Australia. (agr)