Sambut Libur Akhir Tahun, Belilah Tiket Pesawat dari Sekarang

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 06/09/2018 14:35 WIB
Sambut Libur Akhir Tahun, Belilah Tiket Pesawat dari Sekarang Ilustrasi. (Foto: Allison Joyce / GETTY IMAGES / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bulan ini warga di beberapa negara bagian utara sedang beranjak menuju musim dingin, ini artinya musim liburan tidak lama lagi akan tiba. musim liburan yang dimaksud adalah saat natal dan tahun baru.

Tak heran jika bulan September kerap dijadikan momen yang tepat untuk membeli tiket pesawat demi biaya liburan akhir tahun yang lebih terjangkau.

Berdasarkan data Badan Statistik Inggris, sekitar 3,9 juta warganya melakukan perjalanan ke luar negeri pada bulan Desember 2017.


Bahkan sebuah survei yang digelar oleh YouGov mengungkapkan sekitar 23 persen penduduk Inggris merayakan natal di luar negeri.


Sebuah situs pembanding harga tiket pesawat, skyscanner, merilis waktu terbaik untuk membeli tiket pesawat dalam rangka liburan natal dan tahun baru.

Berdasarkan hasil analisa libur natal dan tahun baru 2017, waktu termurah untuk membeli tiket pesawat adalah 13 pekasn sebelum puncak musim liburan.

"Berdasarkan data tahun lalu, setiap orang bisa berhemat hingga 29 persen jika memesan tiket liburan natal dan tahun baru 13 pekan sebelumnya," ujar Senior Growth Manager Skyscanner, Lisa Tyndall, seperti yang dikutip dari harpers bazaar, Kamis (6/8).

"Banyak yang berpikiran jika musim libur natal adalah momen tiket pesawat turun harga. Namun berdasarkan data kami, justru saat itulah harga tiket sedang melonjak."

Ia mengatakan memesan tiket pesawat tepat pada hari natal, maka harga akan 24 persen lebih mahal ketimbang hari lain di bulan Desember.


Demi selembar tiket murah di akhir tahun, Skyscanner merekomendasikan para calon penumpang pesawat bisa lebih dinamin dengan jadwal penerbangan. Misalnya tidak memaksakan memesan tiket perjalanan pada akhir pekan.

Tak hanya itu saja, memadukan beberapa maskapai untuk mendapatkan harga yang bersahabat. Dan yang terakhir, pantau terus harga tiket pesawat setiap saat. (agr/agr)