Jalur Kereta Terindah di Dunia akan Kembali Beroperasi

fey, CNN Indonesia | Rabu, 05/09/2018 15:41 WIB
Jalur Kereta Terindah di Dunia akan Kembali Beroperasi Sebuah jalur legendaris di Selandia Baru, Coastal Pacific, akan kembali beroperasi pada awal Desember 2018. (Istockphoto/Gary Kavanagh)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jalur kereta Coastal Pacific yang beroperasi di Selandia Baru, sempat terpaksa ditutup sementara pada 2016 lalu akibat gempa dahsyat yang menimpa Kaikoura. Namun kurang dari tiga bulan lagi, jalur kereta ini akan kembali dioperasikan.

KiwiRail telah berhasil membangun kembali jalur utama Coastal Pacific, dan dipastikan kembali beroperasi pada 1 Desember 2018.

Pembangunan jalur kereta Coastal Pacific telah dilakukan sejak Agustus 2017. Namun kereta belum membawa penumpang sampai semua tanah longsor di sepanjang rute Kaikoura selesai diperbaiki.



Gempa berkekuatan 7,8 skala richter itu berhasil memporakporandakan Kaikoura. Mengutip lonely planet, daratan dilanda longsor hebat, jalur kereta pun pecah belah bahkan ada yang hanyut ke lautan.

Melihat kondisi kota di pesisir selatan Selandia Baru saat itu, nampaknya mustahil untuk membangunnya kembali.

[Gambas:Instagram]

Namun penduduk setempat Kaikoura pantang menyerah. Mereka bergotong royong untuk memulihkan tempat tinggalnya, hingga akhirnya Kaikoura kembali tegap berdiri dan siap beroperasi.

Jalur Coastal Pasific dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Hal ini berkat keindahan pesisir pantai dan pegunungan Kaikoura yang membuai mata. Salah satu saingan Coastal Pacific adalah TranzAlpine yang melayani rute sebeah selatan pegunungan Alpine.


Tak hanya itu, Kaikoura juga merupakan rumah bagi beragam aktivitas tropis di Selandia Baru.

Beragam bonus bisa didapatkan di sini seperti menyaksikan kegagahan paus, lincahnya lumba-lumba, hingga polah si anjing laut.

[Gambas:Instagram]

Sehingga banyak yang menganggap dua jam perjalanan di kereta Coastal Pacific, layaknya sebuah perjalanan yang tak terlupakan.

Untuk pemesanan tiket perjalanan Coastal Pacific, khususnya pemberangkatan 1 Desember 2018 hingga 28 April 2019, sudah bisa dilakukan dari sekarang.

Kereta ini akan memulai perjalanan dari Stasiun Kereta Api Christchurch pukul 07:00, dan berakhir di Picton sekitar pukul 13:15 waktu setempat.

(agr)