Mass Games Menjadi Gerbang Pariwisata Korea Utara

REUTERS, CNN Indonesia | Jumat, 14/09/2018 10:31 WIB
Mass Games Menjadi Gerbang Pariwisata Korea Utara Salah satu atraksi dalam Mass Games. (Foto: REUTERS/Danish Siddiqui)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah parade kesenian dan budaya terbesar di Korea Utara, Mass Games, baru saja usai digelar. Acara yang mirip dengan upacara pembukaan Olimpiade musim dingin atau musim panas ini, rupanya mampu menarik minat ribuan wisatawan mancanegara untuk melihatnya.

Mass Games dilangsungkan pada hari Minggu (9/9) di Rungrado 1st of May Stadium, Pyongyang, yang merupakan stadion terbesar di dunia. Acara ini cukup dinanti karena baru pertama dihelat dalam lima tahun terakhir.

Jumlah wisatawan yang detil memang tidak diketahui, namun sebuah operator pariwisata di Pyongyang mengklaim bahwa banyak wisatawan asal China yang memesan paket perjalanan untuk melihat Mass Games.



Seorang wisatawan mancanegara asal Australia, Mitchell Hamilton, tercengang saat ia menyaksikan pertunjukan itu.

"Satu hal yang saya ingat dari acara itu adalah pertunjukan yang megah layaknya untuk para dewa," ujar Mitchell, seperti yang dikutip dari Reuters, Kamis (13/9).

Dalam acara tersebut, para ribuan penari, pesenam, dan pesilat tampil di tengah lapangan. Atraksi ini dilengkapi oleh permainan tata cahaya yang terbilang modern.


Sementara itu, puluhan ribuan anak sekolah Korea Utara yang duduk di kursi stadion memegang buku-buku berwarna, untuk menciptakan rekaan gambar dan kata.

Seklias suasana ini masih didominasi oleh propaganda ala pemimpin Korea Utara pada masa silam, namun hal-hal seperti ini ternyata mampu menarik minat banyak wisatawan.

(agr/ard)