Desainer Busana Muslim Surabaya Bawa Batik Jember ke Paris

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 18/09/2018 19:54 WIB
Desainer busana muslim asal Surabaya, Lia Afif bakal membawa batik Jember dalam ajang Paris Fashion Week. Koleksi Lia Afif yang akan dibawa ke Paris Fashion Week (dok. Lia Afif)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak cuma Tities Sapoetra, Xiao Fen, dan beberapa desainer Indonesia lain yang meramaikan kancah fesyen internasional. Desainer busana muslim asal Surabaya Lia Afif juga bakal ikut serta di ajang Paris Fashion Week 2018.

Desainer busana muslim asal Surabaya, Lia Afif bakal membawa batik Jember dalam ajang Paris Fashion Week.

Lia Afif bersama beberapa desainer lain yaitu Jeny Tjahyawati, Si.Se.Sa, Ratu Anita Soviah, dan Nila Baharuddin yang tergabung dalam, Modest Designers (Fashion Studio) akan tampil pada 25 September 2018 mendatang. 



Rancangan busana Lia Afif yang berjudul Criolla Charmera mengambil ide dari kata Criollo, yaitu salah satu jenis tanaman coklat terbaik di dunia dan kata Charme yang berasal dari bahasa Perancis yang berarti pesona. Criollo Charmera adalah rangkaian pesona dari warna coklat yang cantik.

"Konsep dan ide dasarnya didapat dari penggunaan batik tulis handmade dari kota Jember dengan warna-warna alam dan motif hasil buminya yaitu coklat, kopi, dan tembakau dengan aksen warna biru elektrik yang cantik," tuturnya di Surabaya, Selasa (18/9). 

Rancangan Lia Afif ini menggunakan siluet dengan rangkaian desain yang menampilkan gaya Indonesia. Lia Afif pun menonjolkan etnik Glamour dengan menggunakan kain Indonesia, khususnya batik tulis Jember.


Padu padan batik tulis Jember yang dikombinasikan dengan kain duchess, lace, organdi dan sifon yang bermain di warna nude, coklat, dan hitam untuk menampilkan keindahan warna dari biji coklat, kopi, dan tembakau. 

"Warna-warna kuat yang diambil juga  sebagai penggambaran wanita cantik yang tangguh. Pemakaian warna biru elektrik sebagai aksen yang melambangkan kecerahan di musim semi," katanya. 

Bahan-bahan ini dipadupadankan dengan detail-detail yang ditata cantik dengan motif batik, lace, dan variasi manik-manik cantik. 

"Profil bunga-bungaan dan dedaunan yang dirangkai dengan indah, busana-busana dalam koleksi ini akan menonjolkan kecantikan setiap wanita yang memakainya," ucapnya.

Lia Afif berencana akan menampilkan 20 koleksinya untuk Paris Fashion Week. Semuanya memakai bahan batik Jember. Batik yang dipadupadankan menjadi gaun mewah itu berasal dari tiga perajin batik di Jember.

"Awalnya ada 10 perajin yang presentasi namun setelah diseleksi lagi maka terpilihnya tiga perajin," ujar Lia Afif.

(dik/chs)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK