Saat Paling 'Sumpek' Nongkrong di Gerai Kopi Favorit

Tim, CNN Indonesia | Senin, 01/10/2018 15:13 WIB
Saat Paling 'Sumpek' Nongkrong di Gerai Kopi Favorit ilustrasi kedai kopi (REUTERS/Marko Djurica)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beberapa tahun terakhir kopi berhasil memikat masyarakat Indonesia. Kedai kopi menjamur di berbagai wilayah. Penikmat kopi pun semakin menemukan keberagaman jenis kopi di Indonesia. 

Akan tetapi, produk minuman kopi seperti apa yang benar-benar merajai lidah orang Indonesia?

Menurut survei yang digagas Moka, perusahaan rintisan layanan point-of-sale, jenis minuman kopi terpopuler adalah es kopi dan kopi susu. Di bawahnya menyusul cappuccino, latte dan americano. 



Es kopi merupakan varian minuman kopi yang diberi es batu. Sedangkan kopi susu merupakan kopi dengan campuran susu baik susu segar maupun kental manis.

Kopi susu sendiri saat ini tengah tren dan jadi barang baru di industri minuman, namun kenyataannya kopi susu sudah ada sejak lama. Faktanya juga, orang Eropa menyukai kopi sejak abad 17.

"Karena di Eropa konsumsi susu juga tinggi, mereka terbiasa menggabungkan kopi dengan susu," kata sejarawan Fadly Rahman pada CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

Kebiasaan minum kopi dengan campuran susu pun menular pada penduduk pribumi kala masa penjajahan. Puncaknya terjadi pada abad 19 saat produksi kopi mencapai puncaknya. 


Selain itu, menurut survei Moka sebagai minuman paling populer rata-rata harga yang dipatok untuk minuman ini terbilang cukup terjangkau yakni Rp18ribu per gelas. 

Di sisi lain, orang Indonesia pun memiliki kebiasaan untuk menikmati kopi di kedai kopi dengan kudapan. Kudapan yang paling populer yakni pisang yang diolah menjadi beragam bentuk camilan, disusul es krim dan roti bakar.

Tak cuma itu, survei tersebut menyebutkan bahwa ritual minum kopi orang Indonesia memuncak pada pukul 18.00 hingga 22.00. Namun uniknya, tak cuma hari Sabtu dan Minggu, hari Jumat adalah hari kerja terpopuler untuk minum kopi. (els/chs)