Tips Murah Berwisata ke Swiss

Tim , CNN Indonesia | Sabtu, 13/10/2018 05:01 WIB
Tips Murah Berwisata ke Swiss Ilustrasi. (Foto: Istockphoto/georgeclerk)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menyambut musim dingin yang akan tiba sebentar lagi, Swiss kerap dijadikan negara tujuan untuk menghabiskan waktu bagi sebagian besar wisatawan di dunia.

Sayangnya Swiss dikenal sebagai destinasi wisata yang kerap menelan banyak biaya.

Namun, ada beberapa siasat yang bisa dilakukan wisatawan untuk menekan biaya tinggi ketika berwisata ke Swiss.


Mengutip The Planet D, berikut adalah beberapa caranya.

1. Transportasi Gratis

Jika berkunjung ke Bern, Luzern, Jenewa, atau Lausanne, pengunjung dapat memanfaatkan tiket akses tranportasi gratis yang disediakan oleh penginapan.

Setiap tamu yang bermalam lebih dari sehari, akan diberikan tiket akses transportasi umum yang dapat digunakan selama periode penginapan.

Sedangkan di kota-kota seperti Zurich, Bern atau Zug, wisatawan dapat dengan bebas meminjam sepeda hanya dengan menukarkan kartu identitas dan Rp300 ribu yang nantinya akan dikembalikan.

2. Piknik ke taman

Jika dibanding menghabiskan biaya besar untuk sekedar menyantap hidangan di restoran, berpiknik di taman bisa jadi solusi murah meriah.

Banyak pasar lokal yang bisa dijelajah untuk berbelanja bahan makanan seperti roti, keju lokal, atau buah-buahan.

3. Berburu roti 'lama'

Konsep toko roti baru di Swiss, yang dikenal dengan Assbar, mulai ramai beroperasi di sejumlah kota seperti Zurich, Bern hingga Winterthur.

Toko Assbar merupakan toko roti yang menjual roti yang sudah berumur lebih dari sehari sejak hari pembuatannya, namun tentunya masih bisa dikonsumsi.

4. Berkemah

Karena dibingkai Pegunungan Alpen, Swiss kerap dijadikan destinasi bagi wisatawan yang gemar hiking.

Menaklukan tinggi dan gagahnya gunung bersalju di Swiss tak hanya penuh petualangan, namun juga bisa jadi upaya menekan biaya.

Ketimbang menghabiskan jutaan rupiah untuk penginapan, berkemah di tengah belantara hijau di atas gunung tentunya lebih berkesan.

5. Akomodasi Gratis

Couchsurfing adalah layanan komunitas yang membantu wisatawan dari seluruh dunia, untuk menemukan tempat tinggal lokal yang bisa dihuni oleh wisatawan.

Seperti halnya negara-negara di penjuru dunia lain, Swiss memiliki banyak komunitas Couchsurfing aktif yang akan turut mendukung Anda berwisata murah meriah.

6. Mengunjungi museum

Banyak museum-museum bersejarah di Swiss yang bisa dinikmati secara cuma-cuma. Salah satunya adalah Museum of History of Science di Jenewa dan Museum Omega di Biel. (fey/agr)