Tips Memilih Sepatu yang Nyaman untuk Kaki

CNN Indonesia | Minggu, 28/10/2018 13:15 WIB
Tips Memilih Sepatu yang Nyaman untuk Kaki Ilustrasi sepatu (Vickar Adam for CNNIndonesia.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sepatu merupakan salah satu elemen penting untuk penampilan. Tak heran jika sebagian orang berusaha mencari sepatu yang sesuai dengan busana mereka.

Namun, tak semua sepatu yang Anda beli akan terasa nyaman saat digunakan. Selain faktor tren, waktu saat membeli sepatu juga punya pengaruh besar.

Jika salah pilih, bisa-bisa Anda menyesali sepatu yang baru dibeli.


Kepada CNNIndonesia.com, Head of Marketing Bluebell, Ai Li Ling berbagi tips berbelanja sepatu tanpa rasa menyesal setelahnya.


1. Pilih bentuk
"Hal pertama, jelas Anda memilih bentuk yang sesuai dengan selera," ujar Ling saat ditemui di gerai Jimmy Choo, Plaza Indonesia, Kamis (25/10).

Ada beragam bentuk sepatu, mulai dari yang tertutup hingga sepatu yang cukup memperlihatkan kaki. Menurut Ling, sepatu tertutup dan lancip atau pump umumnya lebih disukai karena mampu menutupi kekurangan kaki dan membuatnya tampak seksi.

2. Menengok tren
Tak ada salahnya menengok tren terkini. Anda bisa coba mencari sneakers sebagai jenis sepatu yang tengah digandrungi saat ini.

Tak dimungkiri, sneakers memang tengah jadi tren besar saat ini. Tak cuma olahraga, tapi sneakers juga beradaptasi dengan baik untuk dipadukan dengan gaun atau celana jeans. 

Namun, sepatu tak melulu soal tren. Pasalnya, sepatu sangat bergantung pada selera dan kepribadian seseorang. Apalagi kebutuhan jenis sepatu yang bakal berbeda pada setiap momen.


3. Mencoba sepatu
Salah satu keuntungan dari berbelanja di toko adalah pembeli dapat mencoba langsung sepatu yang diliriknya.

Ling menyarankan, jika sudah menemukan ukuran yang pas, sebaiknya coba kenakan kedua sepatu dan berjalan.

"Menurut saya ini penting, apalagi untuk sepatu hak tinggi (high heels). Anda harus stabil saat berjalan. Kalau tidak stabil, artinya hak terlalu tinggi untuk Anda," imbuhnya.

4. Beli di pagi hari
Waktu terbaik untuk membeli sepatu adalah pagi hari. Pasalnya, saat sore atau malam hari, tanpa sadar ukuran kaki akan membesar dari ukuran normal akibat kegiatan harian yang sebelumnya dilakoni.

"Waktu terbaik untuk membeli sepatu itu saat pagi," ujar Ling.

Saat berbelanja di pagi hari, sebaiknya pilih sepatu yang benar-benar pas dengan ukuran kaki sebenarnya.

Ling mengatakan bahwa hal tersebut sangat lah penting, apalagi mengingat kebiasaan orang Asia yang kerap bertelanjang kaki sejak kecil. (els/asr)