6 Manfaat Lemon untuk Kesehatan

CNN Indonesia | Rabu, 21/11/2018 15:32 WIB
6 Manfaat Lemon untuk Kesehatan Buah lemon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. (miradeshazer/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lemon adalah salah satu buah populer yang digunakan banyak orang. Meski rasa asam yang ada di dalamnya cukup kuat, tapi lemon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Mengutip Medical News Today, pada tahun 1747 silam, James Lind menemukan bahwa lemon sangat efektif dalam mengobati berbagai penyakit yang umum menyerang para pelaut.

Lemon diketahui memiliki kandungan vitamin C yang berlimpah. Orang-orang terdahulu menggunakan lemon untuk mengobati kudis, penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C.



Vitamin C sendiri diperlukan untuk memproduksi kolagen, membantu meredakan gejala asma, hingga melindungi tubuh dari serangan kanker.

Berikut beberapa manfaat lemon dirangkum dari berbagai sumber.

1. Menurunkan risiko stroke
American Heart Association menyebut bahwa lemon mampu menurunkan risiko stroke iskemik pada wanita.

Sebuah studi yang dilakukan terhadap 70 ribu wanita selama 14 tahun menunjukkan hal tersebut. Wanita yang banyak mengonsumsi lemon memiliki risiko stroke iskemik 19 persen lebih rendah daripada mereka yang tak terlalu banyak mengonsumsi lemon.

Kandungan flavonoid, yang ada di dalam lemon, diduga memberikan beberapa perlindungan melalui sejumlah mekanisme.

2. Pencegahan kanker
Sebagaimana disebutkan sebelumnya, lemon mengandung vitamin C sebagai antioksidan yang berlimpah.


Antioksidan sendiri diketahui mampu mencegah pembentukan radikal bebas sebagai penyebab kanker.

3. Menjaga kesehatan kulit
Vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen, sistem pendukung kulit.

Ketika dikonsumsi atau dioleskan pada wajah, vitamin C yang ada pada lemon dapat membantu melawan kerusakan kulit yang disebabkan matahari dan polusi, mengurangi keriput, dan memperbaiki keseluruhan tekstur kulit.

4. Mencegah asma
Vitamin C dalam lemon juga disebut mampu mencegah asma. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Allergy, Asthma, & Clinical Immunology menemukan bahwa vitamin C bermanfaat bagi orang dengan asma dan hipersensitivitas bronkus.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Sumber makanan tinggi vitamin C dan antioksidan lainnya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap kuman yang biasa menyebabkan pilek dan flu.


Tak cuma itu, mengutip Healthline, kandungan vitamin C dalam lemon juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh seseorang yang tengah menjalani aktivitas fisik berintensitas tinggi.

6. Meningkatkan penyerapan zat besi
Kekurangan zat besi merupakan salah satu kasus umum yang terjadi di negara maju. Kekurangan zat besi juga menjadi penyebab utama anemia.

Manfaat lemon juga dapat membantu memaksimalkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi, karena kandungan sumber vitamin C yang tinggi.

Bayam dan buncis merupakan sumber zat besi terbaik. Dengan memberikan sedikit perasan lemon di atas sajian, asupan zat besi dan vitamin C dalam tubuh akan membaik. (asr)