CATATAN PERJALANAN

Menikmati Suguhan Wisata di Penjuru Queensland

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 16/12/2018 09:03 WIB
Bertemu 'Sudut Halal' di Surfers Paradise Foto: CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi

Bertemu 'Sudut Halal' di Surfers Paradise

Bertemu 'Sudut Halal' di Surfers Paradise

Cuaca Gold Coast pagi itu cukup cerah. Saya dan rombongan jurnalis akan berkeliling Surfers Paradise, kawasan pantai yang cukup populer di Gold Coast bersama Lauren, pemandu kami. Dari penginapan, kami berjalan kaki menuju Stasiun Surfers Paradise selama kurang lebih lima menit.

Di sana kami membeli kartu G:Link atau Gold Coast Light Rail terlebih dulu. G:Link merupakan kereta tram yang banyak digunakan warga lokal maupun wisatawan di Gold Coast.


Biaya satu kartu G:Link adalah A$10 atau sekitar Rp100 ribu. Kartu itu berlaku 24 jam dan dapat digunakan untuk naik tram atau bus.

Kami turun di Stasiun Broadbeach North dan menyusuri Broadbeach hingga Taman Kurawa. Banyak orang bersepeda atau sekadar jalan kaki di sekitar taman. Udaranya cukup hangat karena berada di dekat pantai.

Wisata Pantai sampai Ketinggian di Queensland*Broadbeach, kawasan pantai publik yang ramai dikunjungi warga dan turis saat hari cerah. (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)

Setelah satu jam menghabiskan waktu di sana, kami melanjutkan perjalanan ke Pacific Fair Shopping Centre Gold Coast. Kami berjalan kaki selama kurang lebih 10 menit dari Broadbeach.

Sebelum masuk, kami menyempatkan diri ke visitor VIP Lounge Pacific Fair. Ternyata selain ruang tinggi, VIP Lounge ini juga menyediakan quiet room untuk menjalankan ibadah.

Wisata Pantai sampai Ketinggian di Queensland*Quiet room yang bisa digunakan untuk beribadah di Pacific Fair Shopping Centre Gold Coast. (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)

Di dalam ruangan ini tersedia sajadah, mukena, dan sarung untuk turis muslim yang ingin melaksanakan ibadah salat. Ruangan ini juga dapat digunakan beribadah bagi penganut agama lainnya.

Queensland memang terkenal cukup ramah bagi wisatawan muslim. Di Gold Coast sendiri terdapat satu masjid yang juga menjadi tempat berkumpul komunitas muslim yakni Islamic Society of the Gold Coast di kawasan 144 Allied Drive, Arundel. Dari Surfers Paradise, butuh waktu sekitar 20 menit menuju ke sana.

Beberapa tempat umum seperti pusat perbelanjaan atau restoran biasanya menyediakan tempat beribadah. Untuk mencari makanan halal pun tidak sulit.

Lauren memberitahu saya, sejumlah restoran di Queensland telah memiliki sertifikat halal. Kebanyakan restoran itu menyediakan menu Timur Tengah atau masakan India.

Wisata Pantai sampai Ketinggian di Queensland*Menikmati makan siang dengan burger isi angus beef di Betty's Burger yang berlokasi di Pacific Fair Shopping Centre Gold Coast. (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)

Di kawasan Surfers Paradise, terdapat sejumlah tempat makan yang telah bersertifikat halal, di antaranya Sher-e Punjab, Shiraz Authentic Persian, dan Baha's Grill Kebab and Pizza.

Selain berlabel sertifikat halal, ada juga beberapa restoran yang ramah bagi muslim namun tetap menyediakan minuman beralkohol. Mereka memiliki menu makanan halal seperti di Saffron Indian Restaurant, Hard Rock Cafe, dan Night Quarter.

Ikuti terus pengalaman berwisata saya di Queensland di halaman berikutnya...

(pris/ard)
2 dari 5