Pantai Ancol Aman dari Tsunami Selat Sunda

CNN Indonesia | Rabu, 26/12/2018 20:38 WIB
Pantai Ancol Aman dari Tsunami Selat Sunda Wisatawan di kawasan Pantai Ancol. (Foto: CNN Indonesia/Mesha Mediani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan wilayah pesisir Jakarta, termasuk Pantai Ancol, aman pasca tsunami yang menerpa wilayah Banten dan Lampung, pada Sabtu (22/12) malam.

Untuk memastikan informasi tersebut Manajemen Ancol Taman Impian, melakukan koordinasi dengan Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

"Tsunami Selat Sunda tidak akan sampai ke Ancol. Jika gelombang tinggi itu pengaruh dari cuaca dan laut. Info gelombang dapat melihat website BMKG," ujar Sutopo.



Peringatan dini gelombang tinggi yang terdapat pada situs resmi BMKG menunjukkan bahwa wilayah Indonesia yang diprediksi akan mengalami gelombang tinggi pada hari ini, Rabu (26/12) ada di wilayah selatan Sumatera, selatan Jawa, utara Kalimantan, utara Sulawesi, hingga utara Papua.

Sedangkan di wilayah utara Jawa diprediksi mengalami Slight Sea atau gelombang antara 0,5 - 1,25 meter.

Meskipun demikian, Manajemen Ancol juga telah memiliki prosedur standar operasional terkait dengan keadaan darurat salah satunya apabila terjadi bencana alam.

Pada masa gelombang pasang seperti ini pula, para lifeguard senantiasa memberikan himbauan kepada pengunjung dengan pengeras suara agar memperhatikan batas aman berenang termasuk mengawasi anak-anak yang sedang berenang.


Petugas keamanan dan lifeguard yang berjaga di sekitar pantai, juga akan siap untuk mengarahkan pengunjung ke titik berkumpul dan lokasi yang lebih aman, jika terjadi keadaan darurat.

Terdapat titik kumpul yang tersebar di kawasan Ancol Taman Impian di antaranya yaitu kawasan parkir carnaval, parkir sentral/tengah, parkir timur, parkir allianz ecopark, dan parkir dufan. Selain itu seluruh gerbang Ancol digunakan sebagai jalur evakuasi jika dalam keadaan darurat.

Pada libur panjang Natal lalu, Ancol Taman Impian tetap menjadi salah satu pilihan liburan keluarga oleh masyarakat.

Data terakhir total pada libur tanggal 22-25 Desember 2018 kemarin tercatat sekitar 233 ribu orang yang berwisata di kawasan pantai Ancol.

(agr/ard)