Turis Diminta Tak Paksa Wombat untuk 'Selfie'

CNN Indonesia | Kamis, 17/01/2019 17:24 WIB
Turis Diminta Tak Paksa Wombat untuk 'Selfie' Penampakan wombat. (Istockphoto/keiichihiki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selain menjadi habitat kawanan binatang ganas, Australia juga menjadi habitat kawanan binatang menggemaskan, salah satunya wombat.

Pulau Maria, yang berada di perairan timur Tasmania, menjadi lokasi pemukiman wombat, binatang yang mirip boneka beruang Teddy dan memiliki feses berbentuk kubus.

Imutnya wujud wombat menjadikan mereka "aksesori" bagi pengunjung yang datang untuk selfie.


Tak sedikit pengunjung yang nekat mengejar dan memaksa menggendong mereka demi mendapatkan pose foto yang hakiki.

Agar kehidupan wombat dan hewan lainnya yang berhabitat di Pulau Maria tetap tenang, pengelola pulau membuat peraturan baru berupa perjanjian menjaga kelestarian alam yang wajib ditandatangani pengunjung.

Dalam perjanjian tersebut dinyatakan bahwa pengunjung dilarang merusak dan mencemari lingkungan di kawasan Pulau Maria serta tidak memaksa berinteraksi dan mencelakai hewan yang berhabitat di dalamnya, termasuk wombat.

Bos Badan Pariwisata Tasmania, John Fitzgerald, mengatakan kalau aturan tersebut dibuat agar pengunjung semakin beretika dalam mengunjungi objek wisata alam.

"Ada bagian Tasmania yang sebenarnya tak boleh tersentuh oleh dunia luar. Kami meminta pengunjung menghormatinya," kata Fitzgerald, seperti yang dikutip dari CNN Travel pada Kamis (17/1).

[Gambas:Instagram]

Fitzgerald menambahkan kalau aturan tersebut bukan dibuat karena telah terjadi kasus kecelakaan antara pengunjung dan alam Pulau Maria.

"Tidak terjadi insiden, tapi kami mengetahui kalau semakin banyak pengunjung yang hanya datang untuk berfoto dengan mereka," ujar Fitzgerald.

Sebagai kawasan taman nasional, Pulau Maria tentu saja memiliki banyak peraturan ketat terkait kunjungan.

Selain wombat, pulau ini juga memiliki reruntuhan bangunan kuno tanda bukti penjelajahan pertama di Australia.

Untuk bisa sampai ke Pulau Maria, pengunjung bisa naik kapal ferry dari Triabunna, yang berjarak 100 kilometer dari Hobart, Tasmania.

Bagi yang ingin memeluk wombat sekaligus melakukan wisata konservasi, bisa mendatangi Trowunna Wildlife Sanctuary di Mole Creek, Tasmania.

Di sini kawanan wombat terbilang lebih ramah dengan manusia.

[Gambas:Video CNN]

(agr/ard)