Whole30, Metode Turunkan Berat Badan dalam 30 Hari

CNN Indonesia | Selasa, 29/01/2019 20:02 WIB
Whole30, Metode Turunkan Berat Badan dalam 30 Hari Ilustrasi makanan diet. (Foto: Jakub Kapusnak/FoodiesFeed)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seperti film 30 Hari Mencari Cinta, menurunkan berat badan juga bisa dilakukan selama 30 hari. Program diet itu kini populer dengan nama Whole30.

Diet Whole30 sebenarnya bukan jenis diet baru. Program ini pertama kali dikenalkan pada April 2009 oleh Melissa Hartwig. Sejak saat itu, disebut jutaan orang mengikuti program diet ini.

Secara sederhana, diet Whole30 merupakan diet yang tidak mengonsumsi makanan-makanan yang dianggap berbahaya bagi tubuh seperti merusak usus, menimbulkan radang, dan meningkatkan gula darah.


"Hilangkan makanan-makan itu dari pola makan Anda. Hilangkan kelompok-kelompok makanan yang merangsang keinginan, gula darah, perusak usus, membuat radang selama 30 hari penuh. Biarkan tubuh Anda sembuh dan pulih dari efek apa pun yang mungkin disebabkan oleh makanan itu," kata Hartwig dikutip dari situs resmi Whole30.


Diet Whole30 mengharuskan pengikutnya untuk mengonsumsi daging, makanan laut, dan telur dalam jumlah sedang.

Perbanyak makan sayur dan beberapa buah, serta lemak alami. Kombinasikan dengan bumbu yang berasal dari rempah-rempah.

Selain itu, makanlah makanan yang alami atau melalui sedikit pengolahan.

Selama 30 hari itu, pengikut diet Whole 30 dilarang untuk mengonsumsi tambahan gula, alkohol, biji-bijian, kacang-kacangan, produk susu, penyedap seperti MSG, makanan yang dipanggang, junk food, dan camilan.


Itu artinya pengikut diet Whole30 tak bisa menyantap sirup, madu, susu, roti, biskuit, pasta, sereal hingga es krim.

"Mungkin ada banyak makanan lain yang menurut Anda secara psikologis tidak sehat. Gunakan penilaian terbaik Anda, jika ragu atau curiga, tinggalkan saja," bunyi peraturan Whole30.

[Gambas:Instagram]

Selama 30 hari, pengikut diet Whole30 mesti patuh pada aturan ini agar dapat mendapatkan manfaat. Salah sedikit saja, Anda mesti mengulangnya dari hari pertama.

Jika berhasil mengikuti diet ini, berat badan disebut akan menurun berat badan, meningkatkan energi, merasa bahagia, dan terlihat lebih segar.

Di sisi lain, Whole30 juga disebut memiliki efek samping dan kelemahan.


Mengutip situs Health, diet Whole30 dapat mengacaukan sistem pencernaan karena melarang beberapa makanan yang bergizi seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

Diet ini juga disebut dapat memunculkan sensitivitas pada makanan serta meningkatkan risiko penyakit kronis karena mengonsumsi daging merah. (ptj/agr)