Karakteristik Orang yang Lahir di Tahun Babi Tanah

CNN Indonesia | Rabu, 06/02/2019 18:02 WIB
Karakteristik Orang yang Lahir di Tahun Babi Tanah ilustrasi babi (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Imlek 2019 menjadi penanda memasuki tahun baru China dengan lambang Babi berelemen tanah. Tahun Babi ini dimulai dari tanggal 5 Februari 2019 dan berakhir pada 24 Januari 2020.

Artinya, dalam satu tahun ke depan akan dipengaruhi oleh Shio Babi. Orang-orang yang lahir dalam tahun ini otomatis masuk dalam golongan orang bershio Babi. Orang-orang yang bershio babi merupakan orang yang lahir pada 1959, 1971, 1983, 1995, 2007, dan 2019. 

Siklus ini berulang setiap 12 tahun sekali. Babi merupakan hewan terakhir dalam siklus perbintangan China.



Astrologi China kuno percaya, orang yang lahir pada tahun tertentu akan memiliki kepribadian hewan tertentu, sesuai dengan rasi bintang hewan yang berpengaruh saat itu. 

Tahun ini, merupakan Tahun Babi. Mengutip South China Morning Post, dalam budaya China babi merupakan simbol kekayaan dan kemakmuran. Wajah babi yang gemuk dan telinga yang besar menandakan keberuntungan yang juga besar.

Orang yang lahir pada Tahun Babi dikaitkan dengan orang yang memiliki belas kasihan, suka menolong, setia, dan memanfaatkan setiap kesempatan.

Babi merupakan binatang yang rajin. Mereka bakal mencurahkan seluruh energi mereka untuk mencapai keinginan. Di sisi lain, babi mudah percaya dengan orang lain, -jika dimanfaatkan untuk hal negatif- hal ini membuat mereka jadi mudah dibodohi.


Secara khusus, orang yang lahir di tahun Babi Tanah yakni pada 1959 dan 2019 dikaitkan dengan orang yang pandai bersosialisasi di semua lapisan masyarakat. Namun, mereka bukan orang yang romantis.

Agar selalu beruntung, orang dengan Shio Babi ini dianjurkan untuk dekat dengan warna dan angka keberuntungan. Angka keberuntungan untuk tahun ini meliputi dua, lima, dan delapan. Sedangkan warna keberuntungan yakni kuning, abu-abu, cokelat, dan emas. (ptj/chs)