Mencari Deretan Restoran Terbaik lewat Jakarta's Best Eats

CNN Indonesia | Kamis, 07/02/2019 19:39 WIB
Mencari Deretan Restoran Terbaik lewat Jakarta's Best Eats Ilustrasi (Unsplash/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jika dunia kuliner internasional memiliki penghargaan bintang Michelin, Jakarta punya Jakartas's Best Eats. Ajang ini merupakan penghargaan kuliner yang memilih restoran-restoran terbaik di Jakarta sebagai panduan untuk penikmat kuliner di ibu kota.

Jakartas's Best Eats yang diinisiasi oleh FoodieS ini bakal memilih 40 restoran terbaik yang dibagi dalam tiga kategori yakni fine dining, upscale dining, dan casual dining. Restoran-restoran itu dipilih berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan yakni makanan, minuman, pelayanan, dan suasana.

"Ada beberapa kriteria yang bakal menjadi standar penilaian dewan juri, yaitu 50 persen adalah makanan dari segi rasa maupun kreativitas, 20 persen pelayanan, 20 persen menu minuman, dan 10 persen lainnya adalah interior atau suasana di sana," kata publisis FoodieS, Jed Doble saat peluncuran Jakarta's Best Eats 2019, di Jakarta, Kamis (7/2).


Jed menjelaskan pemilihan restoran terbaik di Jakarta akan melewati beberapa tahapan penilaian. Tahapan pertama, setiap pegiat kuliner dapat mendaftarkan restorannya atau merekomendasikan sebuah restoran di laman Jakarta's Best Eats.

Setiap restoran yang masuk akan dinilai langsung oleh dewan juri untuk dipilih kemudian menjadi daftar 40 restoran terbaik.

Sebanyak sembilan dewan juri yang sudah malang melintang di dunia kuliner bakal memberikan penilaian. Beberapa di antaranya adalah food stylist Ade Putri Paramadita, food blogger Hans Danial, chef Rinrin Marinka, dan chef Yuda Bustara.

Untuk dapat memberikan penilaian pada restoran, para juri ini setidaknya harus pernah makan di restoran tersebut dalam kurun waktu 12 bulan terakhir.

Ade mengaku akan memberikan penilaian yang baik untuk restoran yang mampu menghadirkan pengalaman kuliner terbaik.

"Makan itu bukan sekadar bikin perut kenyang, tapi ritual. Harus yang komplit," kata Ade.

Selain itu, sebanyak 20 koki andal yang namanya tidak diungkapkan juga ikut memberikan penilaian akhir pada 40 restoran terbaik di Jakarta. "Koki ini sengaja anonim agar tetap subjektif," ujar Jed.

Sebanyak 40 restoran terbaik di Jakarta akan diumumkan pada April mendatang. Sebanyak 10 di antaranya merupakan restoran fine dining, 20 restoran upscale dining, dan 10 restoran casual dining.

Selain itu, penghargaan juga diberikan untuk Chef of The Year dan Restaurant of the Year. Hasil ini akan dijadikan panduan berbentuk buku untuk pecinta kuliner di Jakarta.

Selain menjadi panduan pecinta kuliner, Jakarta's Best Eats diharapkan dapat menjadi standar restoran di Jakarta untuk terus memberikan pengalaman kuliner terbaik bagi pelanggan baik dari segi rasa maupun pelayanan.

Jakarta's Best Eats 2019 merupakan ajang penghargaan kedua lanjutan dari tahun lalu. Gelaran tahun 2018 mendapuk Ragil Imam Wibowo sebagai Chef of the Year dan KAUM Jakarta sebagai Restaurant of the Year. (ptj/asr)