Tips Bermain Ski Asyik di Tengah Salju Bekasi

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 24/03/2019 18:24 WIB
Tips Bermain Ski Asyik di Tengah Salju Bekasi Di Trans Snow World Bekasi bisa bermain ski, yang selama ini cuma bisa dicicipi di Eropa. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Permainan ski seolah terdengar asing lantaran hanya bisa dimainkan di kawasan bersalju. Tapi, kini ski bisa dimainkan di Trans Snow World di Transpark Mall Juanda, Bekasi.

Di wahana bermain salju untuk keluarga pertama di Indonesia dan terbesar di ASEAN ini, pengunjung dapat merasakan serunya bermain ski seperti di Eropa.

Trans Snow World sudah menyediakan instruktur bermain ski yang didatangkan langsung dari Italia. Ia sudah bersertifikat ski internasional. Ada pula beberapa snow ranger yang sudah terlatih bermain ski. Mereka siap untuk mengajari para pengunjung yang datang.



Pelatih ski Masimiliano Derevici menjelaskan, permainan ski membutuhkan beberapa alat seperti sepatu, papan ski, dan tongkat ski. Semua bisa disewa di Trans Snow World dengan harga Rp100 ribu.

Panjang papan ski yang digunakan, kata Derevici, disesuaikan dengan tinggi badan.

Derevici menyebut ski dapat dicoba sejak usia anak asalkan kedua kakinya sudah kuat untuk menopang tubuh. Dalam permainan ski kekuatan kaki merupakan kunci utama.

Di Trans Snow World Bekasi bisa bermain ski.Di Trans Snow World Bekasi bisa bermain ski. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
"Anak-anak tiga sampai empat tahun sudah bisa mulai bermain ski, tergantung kondisi kakinya. Kalau kaki mereka sudah kuat, umur tiga tahun sudah bisa bermain karena di sini aman," kata Derevici kepada CNNIndonesia.com.

Menurut Derevici, setiap orang yang ingin bermain ski harus menyukai ski terlebih dahulu. Setelah itu, mulai berlatih secara perlahan dari teknik dasar.

Teknik dasar yang diperkenalkan untuk pemula adalah membentuk kaki seperti huruf V untuk memudahkan meluncur dan berhenti. Gunakan bantuan tongkat agar semakin mudah.


"Jangan mikir mau lari cepat untuk awalnya, tapi pelan-pelan saja dulu karena kalau untuk turun cepat dari atas gunung itu gampang. Yang perlu belajar itu untuk pelan-pelan, untuk bisa berhenti, karena itu awalnya susah," ucap Derevici.

Sebelum mencoba turun meluncur, cobalah bermain di area salju yang datar. Trans Snow World menyiapkan beberapa area bermain ski di lahan seluas 6.500 meter persegi yang dipenuhi salju seperti di pegunungan Alpen.

Untuk memasuki Trans Snow World selama dua jam, pengunjung perlu membeli tiket Rp200 ribu di hari biasa dan Rp275 di akhir pekan.

Nggak perlu ke luar negeri untuk merasakan salju, cukup ke Bekasi dan pilih jam bermainmu di www.transsnowworld.com. (ptj/rsa)