Dicari 24 Orang untuk 'Berbaring' di Luar Angkasa

CNN Indonesia | Senin, 01/04/2019 15:08 WIB
Dicari 24 Orang untuk 'Berbaring' di Luar Angkasa Ilustrasi. (Foto: NASA/Bill Ingalls/Handout via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jika merasa hidup sedang kurang bergairah akibat rutinitas, ada baiknya untuk menjawab tantangan NASA dan beberapa operator wisata luar angkasa. Tantangan ini pun berhadiah imbalan sebesar US$18,5 ribu (atau sekitar Rp263 juta).

Untuk bisa mengikuti tantangan ini, syarat yang diajukan adalah menghabiskan waktu selama 60 hari di atas kasur dalam pesawat antariksa.

Meskipun terdengar menyenangkan, namun hal ini tidak semudah yang dibayangkan.


Mengutip Lonely Planet, Senin (1/4), seluruh partisipan diwajibkan melakukan seluruh kegiatannya di atas ranjang. Mulai dari makan, tidur, hingga berolahraga.

Untuk teknisnya, para agen perjalanan antariksa akan mencari 12 orang pria dan 12 orang wanita untuk dibaringkan di tempat tidur selama dua bulan di dalam pesawat antariksa.

Meskipun menghabiskan waktu selama 60 hari di luar angkasa, namun proses ini akan memakan waktu 89 hari termasuk fase sebelum dan sesudah perjalanan.

Saat ini sebagian partisipan sudah tiba d basecamp NASA, namun sebagian lagi akan tiba pada bulan September.

Hal ini dilakukan untuk menyelesaikan riset yang diprakarsai oleh German Aerospace Center yang bersama European Space Agency (ESA) dan NASA.

Riset tersebut bertujuan untuk mencari tahu dampak yang terjadi, jika seorang astronot dikirim untuk perjalanan antariksa dalam kurun waktu lama. Contohnya adalah perjalanan menuju Mars.

Pasalnya jika sudah berada di dalam pesawat antariksa, yang notabene tidak ada gravitas, maka tubuh akan kehilangan otot, masa tulang, dan mengalami fase degeneratif lebih cepat ketimbang saat di bumi.

Saat ini, rencana menerbangkan partisipan untuk berbaring selama 60 hari di pesawat luar angkasa masih dalam tahap peninjauan khususnya untuk wanita yang akan mengikuti uji coba ini.

[Gambas:Video CNN] (agr)