Yoga Sederhana demi Tingkatkan Kehidupan Seksual

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 04/04/2019 23:21 WIB
Yoga Sederhana demi Tingkatkan Kehidupan Seksual Ilustrasi yoga (CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Yoga punya banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk salah satunya untuk meningkatkan kehidupan seksual. Seseorang perlu terbuka dan membebaskan diri demi kualitas hubungan seks yang baik.

Hal ini pula yang diusung oleh Gypsy Bast, guru yoga asal Amerika Serikat. Buatnya, seksualitas adalah soal kenyamanan yang dirasakan pemilik tubuh itu sendiri.

Bast membagikan tips bagi siapa pun yang ingin meningkatkan kualitas kehidupan seksnya. Menurutnya, seseorang perlu menjaga tubuh agar tetap fleksibel baik urusan hati, bagian pinggul, hingga tenggorokan.


Latih hati dengan membuka dada secara lebar dan berpelukan. "Ini bisa membuat sistem saraf lebih rileks dan cair, sehingga saat lubrikasi bisa maksimal," ujar Bast saat ditemui di sela-sela gelaran Bali Spirit Festival 2019 di Ubud, Bali, Minggu (31/3).

Jangan lupa juga untuk melatih pinggul. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti melakukan gerakan squat agak dalam, lunges (gerakan menekuk salah satu lutut dan meluruskan lutut yang lain), dan happy baby pose atau gerakan berbaring dengan kedua tangan memegang kaki bagian luar.

Tempelkan bagian kepala hingga punggung pada lantai hingga paha terbuka lebar. "Baringkan tubuh, buka kaki seperti posisi seks di mana wanita berada di bawah pria," ujar Bast.

Saat pinggul dan hati terbuka, suara tak boleh ditahan. Berkaca pada hewan, mereka biasa mengeluarkan suara untuk menarik perhatian pasangan. Hal yang sama juga perlu dilakukan manusia. Menurut Bast, seseorang perlu membebaskan tenggorokan untuk mengeluarkan suara desahan atau erangan.

Saat suara terkunci, kata Bast, panggul akan tertutup dan membuat otot seks kaku lantaran darah yang tidak mengalir dengan baik. "Ini bisa menimbulkan masalah," kata dia.

Bast menyarankan Anda untuk membuka hati, pinggul, dan suara. "Cari tahu bagaimana meremas otot seks," tambahnya.

Keseimbangan dan rasa nyaman pada diri sendiri

Tak cuma modal rasa nyaman pada pasangan, perasaan akan nyaman terhadap diri sendiri juga diperlukan untuk meningkatkan kualitas hubungan seks. Yoga bisa jadi salah satu pilihan demi mendukung kehidupan seks yang baik.

"Saat mengajar, saya membiarkan orang bergerak, mengalir. Saya ingin mereka mengerti bahwa orang bisa menggunakan tubuh mereka dengan bebas, tanpa penghakiman," kata Bast.

Dalam kelasnya di BSF 2019, Bast tidak mengajak peserta untuk mempraktikkan postur yoga yang rumit, melakukan gerakan perlahan dengan iringan musik lembut, atau berdiam diri demi berkonsentrasi. Dia malah memutar musik dinamis yang mendorong peserta untuk bergoyang mengikuti irama. Hal itu dilakukannya demi membangun keseimbangan yang membawa rasa positif dalam diri, baik secara fisik maupun psikis.

Latihan dilakukan untuk menyeimbangkan dan menyatukan energi. Jika rutin, seseorang bisa menyembuhkan diri dari rasa malu, cemas, dan takut. Saat rasa-rasa itu muncul, artinya ada sesuatu yang menghalangi energi.

"Kalau hati kita tertutup karena mungkin patah hati, kehilangan orang yang dikasihi, ini menjauhkan kita dari rasa percaya dan cinta. Kita latihan untuk membiarkan tubuh terbuka," jelas Bast.

[Gambas:Video CNN] (els/asr)